Pengembangan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk Teka-Teki Silang (TTS) / Iga Anastesya Puspawardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk Teka-Teki Silang (TTS) / Iga Anastesya Puspawardani

Puspawardani, Iga Anastesya (2016) Pengembangan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk Teka-Teki Silang (TTS) / Iga Anastesya Puspawardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspawardani Iga Anastesya. 2015. Pengembangan Game Edukasi Matematika Materi Bangun Datar dalam Bentuk Teka-Teki Silang(TTS). Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Mahmuddin Yunus S.Kom M.Cs dan Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom Kata Kunci bangundatar game teka-teki silang Matematikamerupakansalahsatucabangilmupengetahuan yang merupakandasardarisemuailmupengetahuan.Namun matematikaseringdianggapsebagaiilmupengetahuan yang sulitdipelajaribagisebagiansiswa.Salah satu materi yang dianggap sulit adalah materi bangun datar.Untuk itu siswa membutuhkan gametentang materi bangun datar agar game tersebut menjadi salah satu alternatif pilihan cara belajar yang menarik bagi siswa.Game tersebut adalah game teka-teki silang yang dimainkan dengan perangkat bergerak seperti PC atau laptop. Berdasarkan uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi matematika materi bangun datar dalam bentuk teka-teki silang (TTS).Pembuatan gameEdukasiMatematikatentangMateriBangunDatardalamBentukTeka-TekiSilang (TTS) memanfaatkan software Adobe Flash Profesional CS6 dengan model perancangan waterfall yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan sistem (2) sistem desain (3) implementasi (4) uji coba (5) penyebaran dan (6) perawatan. Pengukuran kelayakan atau kualitasgameinitelahdivalidasiolehdosen validator dantelahdiujicobakankepada 5 anakSekolahMenengahPertama (SMP) danseorangpraktisilapangan. Hasilvalidasidaridosen validator danujicobalapanganmakadidapatkan data akhirsebesar 82% untukdosen validator 88% untukpraktisilapangandan 90% untukujicobalapangankepada 5 anakSekolahMenengahPertama (SMP). Hasil rata-rata yang diperolehdarihasilvalidasiadalahsebesar 87% dandikategorikanvaliddanlayakdigunakanterutamauntukanaksekolahtingkat SMP sederajat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item