Hardiness sebagai prediktor resiliensi pada bidan di Puskesmas Kabupaten Trenggalek / Handhika Patria Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hardiness sebagai prediktor resiliensi pada bidan di Puskesmas Kabupaten Trenggalek / Handhika Patria Rahmadani

Rahmadani, Handhika Patria (2020) Hardiness sebagai prediktor resiliensi pada bidan di Puskesmas Kabupaten Trenggalek / Handhika Patria Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat hardiness pada bidan di Puskesmas Kabupaten Trenggalek. (2) untuk mengetahui tingkat resiliensi pada bidan di Puskesmas Kabupaten Trenggalek. (3) untuk mengetahui apakah hardiness sebagai prediktor resiliensi pada Bidan di Puskesmas Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe prediktif yang menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah bidan Puskesmas di Kabupaten Trenggalek dengan jumlah 142 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 105 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen dalam penelitian berupa skala hardiness dengan Validitas 0.532 - 0.784 dan reliabilitas 0 869 dan skala resilience dengan validitas 0.389 - 0.745 dan reliabilitas 0 863. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar bidan Puskesmas di Kabupaten Trenggalek memiliki tingkat hardiness dan resiliensi yang sedang. Hardiness merupakan prediktor resiliensi artinya hardiness mempengaruhi resiliensi pada bidan Puskesmas di Kabupaten Trenggalek. Nilai R sebesar 0 728 dan nilai R-square sebesar 0 530 yang menunjukan bahwa hardiness memberikan sumbangan terhadap munculnya resiliensi sebesar 53% dan 47% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0 000 0 05 yang berarti hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Saran dari peneliti kepada bidan di puskesmas agar dapat menghadapi segala rintangan yang dihadapi dalam menjalankan kewajiban sebagai tenaga medis dengan positif. Selain itu peneliti juga menyarankan kepada seluruh pihak berwenang Puskesmas di Kabupaten Trenggalek merencanakan dan memfasilitasi pelatihan untuk bidan Puskesmas agar lebih tangguh dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai tenaga medis. Saran peneliti kepada peneliti selanjutnya supaya mengembangkan penelitian mengenai hardiness dan resiliensi. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui hasil yang lebih mendalam berkaitan dengan pengaruh hardiness terhadap resiliensi dan juga yang mempunyai skor resiliensi rendah perlu dilakukan studi lanjutan misalnya studi kasus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172304

Actions (login required)

View Item View Item