Hubungan adversity quotient dengan stress mahasiswa yang mengalami broken home / Kharisma Ayu Noor Hazmi Azizi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan adversity quotient dengan stress mahasiswa yang mengalami broken home / Kharisma Ayu Noor Hazmi Azizi

Azizi, Kharisma Ayu Noor Hazmi (2020) Hubungan adversity quotient dengan stress mahasiswa yang mengalami broken home / Kharisma Ayu Noor Hazmi Azizi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizi Kharisma A N H. 2020. Hubungan Adversity Quotient dengan Stress Mahasiswa yang Mengalami Broken Home. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indah Yasminum Suhanti S.Psi M.Psi. Kata Kunci adversity quotient stress broken home Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan adversity quotient dengan stress pada mahasiswa yang mengalami broken home. Subjek pada penelitian ini berjumlah 44 mahasiswa aktif di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dalam bentuk skala Likert dengan instrumen skala adversity quotient dan skala stress. Penelitian ini menggunakan dua tahapan uji validasi yaitu uji validitas isi (expert judgement) dengan menggunakan formula Aiken s V dan uji validitas konstruk dengan menggunakan teknik product moment correlation. Diketahui terdapat 60 item valid untuk skala adversity quotient dan 34 item valid untuk skala stress. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan hasil nilai reliabilitas adversity quotient sebesar 0 959 dan nilai reliabilitas stress sebesar 0 906. Kesimpulan menunjukkan terdapat hubungan antara adversity quotient dan stress pada mahasiswa yang mengalami broken home dengan arah hubungan yang negatif. Pada penelitian ini memiliki nilai korelasi sebesar -0 420 dan taraf signifikansi sebesar 0 005. Serta diketahui N 44 dan r tabel sebesar 0 297 dengan signifikansi 5%. Hal ini menunjukan bahwa adversity quotient dan stress pada mahasiswa broken home memiliki derajat hubungan yang cukup dengan arah hubungan negatif. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa semakin tinggi adversity quotient maka semakin rendah stress yang dimiliki oleh mahasiswa broken home dan sebaliknya. Saran untuk subjek yaitu diharapkan mahasiswa yang mengalami broken home dapat mengembangkan kemampuan adversity quotient yang dimiliki dalam upaya untuk merespon atau mengatasi suatu keadaan yang menjadi tekanan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara lebih berpikir positif dalam menyikapi sebuah permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172303

Actions (login required)

View Item View Item