Pengaruh persepsi brand image dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa pengguna e-wallet OVO di Universitas Negeri Malang / Winda Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi brand image dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa pengguna e-wallet OVO di Universitas Negeri Malang / Winda Sari

Sari, Winda (2020) Pengaruh persepsi brand image dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa pengguna e-wallet OVO di Universitas Negeri Malang / Winda Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepuasan konsumen adalah persepsi atau reaksi emosional berupa perasaan senang atau tidak senang yang muncul pasca konsumsi melalui perbandingan antara apa yang diharapkan sebelumnya dengan kinerja produk atau jasa secara aktual. Beberapa faktor yang diprediksi mempengaruhi kepuasan konsumen pada mahasiswa sebagai pengguna e-wallet OVO yakni brand image dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif dan korelasional. Adapun populasi penelitian yang digunakan adalah mahasiswa pengguna OVO di Universitas Negeri Malang. dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Sementara pengambilan sampel sebanyak 122 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi brand image skala komunikasi interpersonal dan skala kepuasan konsumen yang penulis kembangkan sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa memiliki gambaran persepsi brand image yang dikategorikan positif pada produk e-wallet OVO (2) mahasiswa memiliki gambaran komunikasi interpersonal yang dikategorikan positif pada sales e-wallet OVO (3) mahasiswa memiliki gambaran kepuasan konsumen yang dikategorikan tinggi pada produk e-wallet OVO (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa pengguna e-wallet OVO di Universitas Negeri Malang dengan sumbangan efektif hanya sebesar 0 6% (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa pengguna e-wallet OVO di Universitas Negeri Malang dengan sumbangan efektif sebesar 35 1% (6) terdapat pengaruh secara simultan antara brand image dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa pengguna e-wallet OVO di Universitas Negeri Malang dengan koefisien determinasi sebesar 35 7% dan sisanya 64 3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model. Saran yang dapat penulis berikan yakni (1) penelitian ini dapat dilanjutkan dalam rangka memberikan keterbaharuan seperti melakukan pengembangan alat ukur penelitian dengan varian subjek dan tempat yang berbeda dan lain sebagainya (2) sumber pertimbangan dan evaluasi terutama terkait dengan melakukan peningkatan persepsi brand image dan komunikasi interpersonal yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172301

Actions (login required)

View Item View Item