Hubungan antara konsep diri dan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri se-kota Malang <BR>oleh Evi Nuraini

Nuraini, Evi (2002) Hubungan antara konsep diri dan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri se-kota Malang <BR>oleh Evi Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NurainEi vi 2002.H uhungonA nlara KonsapI )iri dan KctarantpilanK ontuntkast InterpersonaSl isv aK elas 2 lvlAN Se-KotaM olang. Skripsi. JurusanB irnbingan Konsehndga nP sikologi.F akultasIl rnu Pendidikan[J niversitaNs egenM alang. Pernbimbin(gl) Drs Moh. Iftadli.M .Si ( If) Drs.M Rarnli M .A. Katak uncik onsepd iri.k eterantpilakno rnunikasini terpersonal. Komunrkassia ngapt enlingd alarl kehidupanb ennasyarakat. l rdak setiap orandga pabt erkomunikasdie nganb aik Banyakh al yangr nempengaruhkei adaan yangd ernikiansa lahs atunyaa dalahk onsepd iri. Untukm engetahuai pakaha da hubungaann tarak onsepd iri dank eterarnpilakno munrkasiin terpersonasli srvak elas2 MANs e-KotaM alang r nakad ilakukanlahp enelitranr nr. Penelitiald eskriptif korelasionailn i bertuul anu nhrk( i) rnendeskripsikan tingkakto nsepd iri siswa ( 2) mendeskripsikatnin gkatk eterarnpilakno munikasi interpersonsaisl wa d an( 3) rnengetahuaid at idaknyah ubungana ntarak onsepd iri dank eterampilakno mu nikasii nterpersonaslr swa. Populaspi enelitianin i siswak elas2 MAN se-KotaM alangt ahuna ja ran 20011200s2e lurnlah4 9l orangs iswa.S ampelnyab erjumlah9 9 orangy angd iambil dengatne knikp roporltonalr andoms ampling.Instmmenya ngd igunakana dalah angkeTt.e knika nalisisy angd igunakana dalahp ersentasdea nk orelasPi rodttct lt(omendte nganp rogarn SPSS. Hasilp enelitianm enunjukkanb ahwas isway angm emiliki konsepd iri tinggi 39 39%s i sway angr nelniliki konsepd iri sedang5 9 60% s isway angm emiliki konsep din rendahI 019/0s.i sway angr nemilikit ingkatk eterampilank omunikasi interpersontainl ggl 31 3l %o-s isway angm erniliki tingkatk eterarrpilank ornunikasi interpersonsael dang6 8 69%d an sisway angr nernilikit ingkatk eterampilan interpersonraeln daha dalah0 0%.H asil analisisk orelasir renunjukkart erdapat hubungapno sitifyangs ignifikana ntarak onsepd in dank eterampilank ornunikasr interpersonsails wad en_eakno efisienr - 0 376d anr tabel 0 195 denganta raf signifikan0 05 Berdasarkapne nemuanp enelitianin i rna kas arany angd isarnpaikany aitu (l) bagrk onselor h endaknyad apatl ebih merencanakand engans istematisp emberian materil ayananb imbrngank eterampilank omunikasi interpersonasl ekaligusk onsep diri. Konselorj uga at lebih aktif dan sistematism emberikanr einfbrcementd alam membantus iswam eningkatkank eterampilank ornunikasinya( 2) bagi guru hendaknyad apatl ebih meningkatkanp emberianr einfbrcementd ans titnulusp ada siswau ntuk melnbantu/melatihs iswad alaln berkomunikasi g uru jugah endaknya dapat bekerja sama dengan konselor untuk membantu siswa (3) bagr siswa dilrarapkand apat berlatihI belajar bersama-samdae ngant emannyau ntuk meningkatkank eterarnpilank omunikasi interpersonadl an konsepd iri (4) bagi penelitil anlutanh endaknyar nenggunakanin strumenp engumpuld atay ang lebih beragamd an dapatm enambahv ariabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172290

Actions (login required)

View Item View Item