Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua siswa dan pilihan kelanjutan sekolah siswa kelas 3 SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang <BR>oleh Anies Lusiana

Lusiana, Anies (2002) Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua siswa dan pilihan kelanjutan sekolah siswa kelas 3 SLTP Laboratorium Universitas Negeri Malang <BR>oleh Anies Lusiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lusiana Anies. 2002. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orong Tua dan Pilihqn Kelanjutan Sekolqh Siswa Kelas III SLTP Laboratorium Universitqs Negeri Malang. Skripsi Jurusan BKP FIP UM. Pembimbing (I) Drs. F.I. Soekarma[ M.Pd 0I) Dra. Carolina L. Radjah M.Kes. Kata Kunci status sosial ekonomi pilihan kelanjutan sekolah. Di dalam sistem sekolah dimana tidak ada atau belum berkembangs ecara optimal progam bimbingan sekolah ataupun bentuk-bentuk carnpur tangan sekolah dalam hubungand enganp enyalurana nak-anakk e sekolah-sekolahy ang lebih tinggi sepertik eadaannyap adaw aktu sekarangin i maka anak dan lebih-lebih orangt ua mempunyaip ranan paling menentukand alam memutuskana pakatrs etamatd ari Sekolah Dasar atau Sekolah Lanjutan Tingkat Perfama anak akan melanjutkan sekolah atau tidak dan kemana kalau melanjutkan. Aspirasi orang tua merupakan determinany ang paling penting a kant etapi hal ini adah ubungannyad engans aling bekerjanyab anyakf aktor seperti latar belakangp endidikan p ekerjaaq kemampuan ekonomi o rientasin ilai dan persepsiT. entu sajaf aktor aspirasia nakm asuk perhitunganp ula di dalamnya. Kelanjutan sekolah merupakan proses dalam diri sendiri untuk menentukan atau memilih jenis sekolah pada awal tahun ajaran atau kelanjutan sekolah ke Sekolah Menengah Umum (Slvfu) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain itu sudahb anyakd ibuka lembagak ursuss ehinggab ekal dari sekolahd itambah dengan memperoleh keterampilan dari kursus siswa lebih banyak memilih beke a selain itu biaya pendidikan dirasakan semakin mahal. Berdasarkanla tar belakangd i atasm akap ermasalahand alamp enelitiani ni dapatd irumuskans ebagabi erikut (l) apakatra dah ubungany ang sigrifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dan pilihan kelanjutan sekolah siswa (2) apakah ada hubungan yang sigrrifikan antara pekerjaan orang tua dan pilihan kelanjutan sekolahs iswa( 3) apakaha dah ubungany ang sigrifikan antarap enghasilano rangt ua dan pilihan kelanjutan sekolatr siswa (4) apakah ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan sekolah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (l) latar belakang pendidikan orangt ua (2) pekerjaano rangt ua (3) penghasilano rangt ua (a) pilihan kelanjutan sekolah (5) hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua dan pilihan kelanjutan sekolah (6) hubungan antara pekerjaan orang tua dan pilihan kelanjutan sekolah( 7) hubungana ntarap enghasilano rangt ua dan pilihan kelanjutans ekolah( 8) hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan sekolah. Hipotesis penelitian yang diajukan ada 4 yaitu (1) ada hubungan yang sipifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dan pilihan kelanjutan sekolah siswa (2) ada hubungan yang sigrrifikan antara pekerjaan orang tua dan pilihan kelanjutans ekolahs iswa( 3) adah ubungaYn g.sigmfikana ntara.nelgfasilaonr ang tuad anp ilihank elanjutans lkolahs iswa( 4) adah ubunea1na 1g. signlfikana ntam statuss osiale konomoi rangt ua danp ilihank elaqiutans ekolahs iswa Rancangnpne neliti-ayna ngd igunakaand alahp enelitiand eskriptif korelasionaVl ig Uetnn tti untutim -n alrrib lgan antara2u Tlqq ataul ebih iopJuri p nlUti-anin i ufi t siswak elas3 SLTPL aboratoriumU M denganju mlah [J f.-ri 165o rangs iswa.S ampedl alamp enelitianin i diambil5 0%d ari seluruh poput i yanga day aitu aZ Sy -g diUotuttunm e4iadi8 0 siswat ekniky ang dtg k ittah iandoms amplingd ans ampepl ropotionalI n strumeny ang digunakana dalaha ngket Pengumpuladna tad ilakukand enganc arap elancaraann gketP elancaran angkeAt giatin untut mengrurglcastpa tuss osiale konomoi rangf ira danp ilihan krt j sekolahs iswaf.e igola6and atai ni dilak kand engante knikk orelasi pioJtitt momendt enganm enggunakaPnJ lgam komputeSr PSS Analisisd atay angd igfiakan adalahk orelasiA. nalisisk orelasui ntuk mengetahuhiu bungan it ru-t tutu elakangp endidikano rangt ua danp ilihan nelaijutans ekolaqh ubrurgaunn tarap etedaatro rangt uad anp ilihank elanjutan sekolahh ubungan t o rtogh ilan orangt ua danp ilihank et jy sekolah hubungaann taras tatus o .iol ikotton i orangt uad anp itihank elanjutans ekolah siswa. Berdasarkahna sila nalisisd atad iketahubi ahwas tatuss osiael konomoi rang tua siswat ermasukg olonganm enengahla w belakangp endldika1o rangt ua siswa termasukg olonganp endiiikan enduhp ekerjaano rangt ua siswak ebanyakanno n p g A ig ri -penbrasilano rangt ua iiswa padau mumnyate reo lonrgg ndahsl iswa kelasI tr SLTpL ab.U tut.. p ]ui pilihanm elanjutkanse kolahk e SMK p adataraf igrunk .i 5 % diketahuui al a aaanuuungayna ngs ignifrkana ntarala tarb elakang pelEdlkano rangtu ad - piiih kelanjutaniekolah(r v 9 F 9 6 8. t 0 217) .ada [rU g V g r igtiftkun- t ta pekerjaano rangt uad in pilihank elanjutans ekolah i-r i i o Iti t 0 217) adair ubungayna ngs ignifikanT tura.ryoqh ilan orang i i a- p-lfift kelanjutanie kolah( r v r uut 0 624 0 217) a dah ubungayna ng sigrrifikana ntaras tatuss osiael konomoi rangt ua denganp ilihank elanjutans ekolah it t F6s 1 3 797 3 15)D. engand emikiand iketemukahnu bungayna ng signifikana ntaras tatuss osiaie konomoi rangt uad anp ilihank elanjutans ekolah siswa. Berdasarkainrn alisisd atad anh asilp enelitiand apatd isimpulkans ebagai berikut (l) adah ubungana ntarala tarb elakangp endidikano rangt ua danp ilihan fefanlutans ekotatsr isriak elasI II di SLTPL aboratoriumU niversitaNs egeriM alang (2)adahubunganantarapekerjaanorangtua-danpilihankelanjutan.sekolahsiswa t U Uf di SLTPL aboratoriumU niversitasNegeMri alang( 3) adaiubungana ntara penghasilaonr angt uad anp ilihank elaniutll sekolahs iswak elasm di SLTP Ldratorium universitasN egeriM alang( 4) adah ubungana ntaras tatuss osial ekonomiorangtuadanpilihankelanjutansekolahsiswakelasllldiSLTP Laboratoriumun ivenitasN egeriM alang( 5) semakinti nggit inglat pendidikano rang tua akan semakin mendorong si anak untuk memilih ke sekolahm enengahu mum karenaS MU mempersiapkans iswak e pendidikant ingg (6) faktor statuss osial ekonomi orang tua merupakan salah satu fbktor yang mendorong siswa dalam memilih sekolab t etapi bukan satu-satunyafa ktor penentua tauu tarnam elainkan masiha daf aktor-faktor lain yang dapatm enentukanp ilihan kelanjutans ekolah. Peneliti menyarankank epadap ihak sekolahh endahryam enyediakand ana pendidikan/ beasiswab agi anaky ang berprestasdi an membuatp rograma naka suh bagi sisway ang kurangm ampud an yang memerlukan u ntuk konselord iharapkan mampum emberikanp enjelasanb ahwat idak semuas ekolahm enengahk ejuruan hanyau ntuk anaky ang orangt uanyae konomi menengahk e bawalqs ebaliknyaa nak yango rangt uanyae konomi menengatkr ebawahp un boleh memilih ke sekolatr menengahu mum karenad i sekolahm enengahu mum sudahb anyakb easiswau ntuk anak yang kurang mampu untuk orang tua diharapkan mendukung dan mengarahkan anaknya dalam memilih sekolah lanjutan atas. lll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172289

Actions (login required)

View Item View Item