Hubungan antara Nilai Ebtanas Murni (NEM) SLTP dengan prestasi belajar siswa di SMU Negeri Tumpang <BR>oleh Mas'amah

Mas'amah (2001) Hubungan antara Nilai Ebtanas Murni (NEM) SLTP dengan prestasi belajar siswa di SMU Negeri Tumpang <BR>oleh Mas'amah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejakt ahunp elajaran1 985/1986m odel seleksip enerimaans iswab aru di SMU menggunakand asar rangking Nilai Ebtanas Murni (NEM) sebagai pengganmti odel seleksis ebelumnyay ang menggunakanm odel seleksit esting lokal. Model seleksi NEM dimaksudkan untuk mendorong tercapainya peningkatanm utu pendidikan secaran asional karena Nilai Ebtanas Murni didasarkatne s secaran asionald engans tandarn asional.D i sampingk enyataan bahwam odel seleksit estingl okal lebih banyakm emerlukanb iaya tenagad an waktu.D engand ipergunakannyNa EM sebagadi asars eleksic alon siswa baru maka NEM SLTP merupakan indikator dalam prestasi belajar SMU. NEM merupakanp otensi individu yang perlu dikembangkans ecarao ptimal. Dalam mengembangkapno tensi tersebutp eranank onselor sangatd iperlukanm elalui layanan-layananny(ala yanan pembelalaran l ayanan penempatan l ayanan konseling). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara Nilai EbtanasM urni (NEM) SLTP denganp restasib elajar siswa di SMU Negeri Tumpangd ans eberapajauhu bungana ntaraN EM SLTPd enganp restasbi elajar sertab esarnyas umbanganN EM terhadapp restasib elajar siswa SMU Negeri Tumpang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populaspi enelitiana dalahs iswak elasI lI dan III SMU Negeri Tumpangt ahun pelajaran2 00012001d enganj umlah 882 orang siswa.U kuran sampeld iambil denganm enggunakante knik Strcrrled RandomS amplingd an didapatkan4 41 orang siswa sebagai sampel. Studi dokumen digunakan untuk pengumpulan data sedangkaann alisisk orelasi menggunakanko efisien ProductM oment. Analisis Regresi digunakan untuk mengetahui besar sumbangan variabel NEM SLTP terhadapva riabepl restasbi elajars iswaS MU. Berdasarkan analisis data didapatkan bukti ada hubungan yang signifikan antara Nilai Ebtanas Mumi dengan prestasi belajar siswa di SMU Negeri Tumpang yang tercermin pada r hitung lebih besar dari r tabel (0 6314M57 0 159u ntukk elas-i0 763046 0 159u ntukk elasI I dan0 662456 5 0 159u ntuk kelasI II) dengans umbangane fektif rata-rata4 7 3225o/oD.e ngand emikiand apat disimpulkanb ahwa ada hubungany ang signifikan antaraN EM SLTP dengan prestasbi elajars iswad i SMU Negeri Tumpang.N EM SLTP sebagaai lat seleksi dapatm empredikspi restasbi elajars iswad i SMU NegeriT umpang. Saran-saradni buat berdasarkand eskripsih asil analisisy aitu 1) konselor hendaknyale bih meningkatkanp emberianl ayananp embelajarand an layanan konseling kepada siswa yang mengalami hambatan belajar prestasi yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172277

Actions (login required)

View Item View Item