Asri, Laelia Firmani (2001) Pengaruh kemampuan asertif terhadap hubungan interpersonal siswa kelas II SMU Negeri III Malang <BR>oleh Laelia Firmani Asri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) kelas ll termasuk dalam masa remajak arenas ebagianb esarm erekab eradap adau sia 17 I 18 - 21123ta hun.D alam rentanganm asar emajat erjadi perubahanfi siologis dan psikologisd ari anak-anak menujud ewasa.D alam penyesuaianp ribadi dan sosial remaja ditekankanp ada lingkupk elompokt emans ebayaK. arenak elompokt emans ebayam erupakans uatu kelompokb aru dan memiliki ciri norma k ebiasaany angj auh berbedad engana pa yang ada dalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu remaja dituntut memiliki kemampuapne rtamad an baru dalamm enyesuaikand iri sertad apatd tjadikand asar dalam hubungan sosial yang lebih luas. Dalam melakukan hubungan sosial dibutuhkan kemampuan asertif. Kemampuan asertif merupakan kemampuan seseoranugn tuk mengekspresikaenm osi yang tepat dalam berkomunikasri elatif terbukad an mengandungp erilaku penuh ketegasanD. engan adanyak emampuan asertif pada diri remaja maka remaja dapat melakukan hubungan interpersonal dengano rang lain. Oleh karenai tu kemampuana sertif sangatm enentukand alam kelancarahnu bunganin terpersonal. Penelitianin i bertujuanu ntuk (l) mengetahuki emampuana sertif siswa ( 2) mengetahuhiu bunganin terpersonasli swa d an (3) mengetahupi engaruhk emampuan asertift erhadaph ubunganin terpersonasli swa. Rancangapne nelitiany angd igunakand alamp enelitianin i jika ditinjaud ari sumberd ata rnenggunakanp endekatank uantitatif dalam usaham enguji hipotesis yangt elah disusun.S edangkanm enurutt ujuannyap enelitiani ni dapatd ikategorikan dalam penelitian pengaruh. Karena dalam penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruha ntarav ariabelb ebas( kemampuana sertifl dan variabelt erikat (hubungan interpersonal). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMU Negeri III Malang yang berjumlah2 76 6rangs iswa.S edangkasna mpelp enelitiani ni adalah7 0 siswak elasI I yangd iambil denganm enggunakatne knik randoms amplingI nstrumenp engumpulan data yang digunakan adalah angket kemampuan asertif dan angket hubungan interpersonaKl.e duaa ngketi ni dikembangkanse ndirio leh penelitiy angb erdasarkan pada indikator yang telah dibuat. Kemudian angket diujicoba validitas dan reliabilitasnyaD. ari hasilp erhitunganv aliditas t emyatat idak semuab utir valid. Pada beberapab utir soaly ang tidak valid dibuanga taut idak digunakanS. edangkaunn tuk reliabilitasa ngketk emampuana sertif dan hubungani nterpersonasl etelahd ihitung denganru musA lpha melalui programS pSSd apatd iketahuib ahwak eduat es ini reliabel. Berdasarkanh asil penelitiank esimpulany ang dapatd itarik dari perhitungan analisids atay aitu ( l) kemampuaans ertifs iswat ernyatac ukupb anyaks isway artu 11s iswa( 15 71%y) angm emilikik emampuaans ertift ergolongti nggr b anyaks iswa yaitu4 4 siswa( 62 86%)y angm emiliki kemampuaans ertift eigolongc ukupd an l5 srswa( 21 43%)y ang memiliki kemampuana sertif tergolongr endah ( 2) hubungan interpersonasli swa temyatac ukup banyaks iswa yaitu 9 siiwa (12 g6%)m emiiiki hubungan interpersonal tinggi banyak siswa yaitu 49 siswa (70%) memiliki hubungan interpersonal cukup dan lz siswa (17 14%) memiliki hubungan rnterpersonarel ndah ( 3) terdapatp engaruhy ang sangatk ecil dalam kemampian asertifterhadahpu bunganin terpersonadl enganr egresis ebesur r 0 24g5g. Berdasarkante muan-temuayna ng diperolehd alam penelitiani ni maka ada beberapas arana ntaral arn (l) bagi konserorh endaknyam enindaklanjuthi asil penelitianin i denganm emberikanla tihanb erperilakua sertifk epadas iswa k arena p erilakaus ertif sangatd iperlukano leh siswa pada situasid an kondisi tertentu (2) bagi gurud apatm engambilp erand .alamp engembangapne rilakua sertifs iswad an pengemnbangahnu bunganin terpersonaal ntars iswad enganm embentukk elompokkelompokd iskusi (3) bagi peneliti selanjutnyah endaknyam engadakanp enelitian tentangf aktor-faktorl ain yang mempengaruhhi ubunganin terperionals elainf aktor asertif. Faktor itu antara lain persepsi interpersonal lons p diri atraksi rnterpersonakl e percayaadna ns ikaps uportif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2001 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2001 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/172269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |