Keefektifan konseling rasional emotif terapi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SLTP <BR>oleh Novia Kristin Valentina - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling rasional emotif terapi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SLTP <BR>oleh Novia Kristin Valentina

Valentina, Novia Kristin (2003) Keefektifan konseling rasional emotif terapi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SLTP <BR>oleh Novia Kristin Valentina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

siswa yang telah memasuki jeqiang pendidikan sLTP berada pada tingkat usia perkembanganm asa rernaja yang secara psikologis -m.engalar-nbie rbagi. masalahM. asalahy ang dihadapia ntaral ain masalahp ribadi belajar sosiald an karir. Satu di antara masalah pribadi adalah masalah kurang percaya diri. Penelitian pendahuluaonl eh Fonny Annawati (1998) menunjukkang ejala yang dialami siswa iebagai manifestasi peruiaan kurang percaya diri meliputi 3 aspek yaitu (1) keyakinan yang berupa pikiran-pikiran negatif (260/o (2) afektif yang berupa perasaan tuni a ienas (42%) (3) perilaku berupa tidak dapa] bertindak maotap ragu--g 1 pasif menyeratl tidak dapat menerima kritik. Penelitian yang dilakulan-oleh Glass (1995) juga menunjukkan bahwa kurangnya percaya diri ditimbulkan oleh pikiran-pikiran negatif (misalnya tidak percaya akan kemampuan diri sendiri). Dengan melihat gejala-gejala tersebut maka diperlukan campur tangan (intervensi) berupa bantuan konselor atau pembimbing melalui pendekatan Bimbingan dan Konseling yang terpadu dan tepat. Salah satu bentuk bantuan konselora dalahd enganm enggunakanK onseling RasionalE motif Terapi- Berdasarkanla tar belakangm asalahd i atas diajukan permasalahana pakah konselingp endekatanR ET efektif untuk meningkatkanr asap ercayad iri siswa SLTP. Penelitiani ni bertr rjuanu ntuk menguji keefektifan konseling pendekatanR ET untuk meningkatkanm sap ercayad iri siswa SLTP. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan dan desain kuasi eksperimen dengan kategori one grouP pretest-postest Prosedur eksperimen yang digunakanb erdasarkanta haptahap dalamk onselingR ET yaitu (1) tahap pembinaan hubunganb ailq (2) tahap pemahamanm ekanismet erjadinyl kurang percayad iri (3) tahap pengelolaank ognitif (4) tahap pcngelolaana fektil (5) tahap pengelolaan t

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172265

Actions (login required)

View Item View Item