Penyelesaian Vehicle Routing Problem with Stochastic Demand (VRPSD) dengan menggunakan algoritma ant colony system / Muzayyanah Laylatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelesaian Vehicle Routing Problem with Stochastic Demand (VRPSD) dengan menggunakan algoritma ant colony system / Muzayyanah Laylatul Badriyah

Badriyah, Muzayyanah Laylatul (2015) Penyelesaian Vehicle Routing Problem with Stochastic Demand (VRPSD) dengan menggunakan algoritma ant colony system / Muzayyanah Laylatul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Badriyah MuzayyanahLaylatul. 2015. PenyelesaianVehicle Routing Problem with Stochastic Demand (VRPSD) denganMenggunakanAlgoritmaAnt Colony System.Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. Pembimbing (II) DarmawanSatyananda S.T M.T Kata Kunci Graph Vehicle Routing Problem (VRP) AlgoritmaAnt Colony System Vehicle Routing Problem with Stochastic Demand (VRPSD) Borland Delphi 7.0. Vehicle routing problem with stochastic demand (VRPSD)merupakanpermasalahanpencarianrutekendaraandengankendalabahwapermintaanpelangganbersifatstokastik yang nilaipastinyabarudiketahuisetelahkendaraansampaiditempatpelanggan.Setiappelangganmemilikipermintaan yang stokastik yang mengikutiprobabilitasberdistribusiseragamdiskrit. Algoritma ant colony system terinspirasi dari perilaku semut yaitu perjalanan semut dalam mencari sumber makan dengan menggunakan zat khusus yang disebut feromon (air liur).Pada algoritma ant colony system terdapat empat tahap yaitu tahap inisialisasi dengan metode nearest neighbour heuristic tahap improvement denganaturantransisi status tahapaturanlocal updating dan tahapglobal updating. Dari keempat tahap tersebut diperoleh solusi berupa rute terbaik yang memiliki ongkos total minimum yang diharapkan dan nilai ambang batas. Permasalahan VRPSD dengan menggunakan Algoritma ant colony system dapat diimplementasikan dalam programBorland Delphi 7.0. Program dimulai dengan input data berupa titik jarak permintaan kapasitas kendaraan banyak permintaan jumlah iterasi jumlah semut dan parameter q_0 961 946 945 kemudian output yang dihasilkan berupa rute yang optimum serta visualisasi graph solusi. Dari uji coba yang telah dilakukan jumlah iterasi dan jumlah semut yang semakin besar berpengaruh pada keoptimalan rute. Nilai parameter q_0 dan 945 mempengaruhi rute total ongkosdannilaiambangbatas yang diperoleh selamanilai parameter beradapada interval yang telahditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17225

Actions (login required)

View Item View Item