Implementasi algoritma generic preflow push dalam pencairan arus maksimum pada jaringan listrik / Finda Mardikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi algoritma generic preflow push dalam pencairan arus maksimum pada jaringan listrik / Finda Mardikasari

Mardikasari, Finda (2015) Implementasi algoritma generic preflow push dalam pencairan arus maksimum pada jaringan listrik / Finda Mardikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardikasari Finda. 2015. Implementasi Algoritma Generic Preflow Push dalam Pencarian Arus Maksimum pada Jaringan Listrik. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. Pembimbing (II) Mahmuddin Yunus S.Kom M.Cs Kata Kunci Graph Flow Network Maximum Flow Problem Algoritma Generic Preflow Push Push/Relabel Borland Delphi 7.0. Dalam teori graph network flowmerupakan graph berarah yang tiap sisinya mempunyai kapasitas dan sifat-sifat tertentu. Permasalahan yang berkaitan dengan network flowsalah satunya adalah Maximum Flow Problem.Maksimum Flow Problem merupakan suatu permasalahan dalam pencarian aliran maksimum pada suatu jaringan yang memiliki titik sumber (source) dan titik tujuan (sink). Dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam permasalahan pencarian aliran maksimum (Maximum Flow Problem) adalah pencarian maksimum aliran aruslistrik pada jaringan listrik. Hal ini sangat penting dilakukan supaya tidak terjadi gangguan listrik yang menyebabkan aktifitas sehari-hari terhambat. Penyelesaian pencarian aliran arus maksimum pada jaringan listrik dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma Generic Preflow Push. Karena algortima ini bekerja bertahap dengan menggunakan aliran semu atau preflow dan mendorong menuju titik yang paling dekat dengan titik tujuan (sink) dengan tujuan mendapatkan nilai excess yang besar menggunakan metode push/relabel. Diharapkan pemaksimalan aliran listrik dengan menggunakan algoritma ini dapat dicapai sehingga diperoleh aliran listrik stabil yang dapat mendukung aktifitas masyarakat. Selanjutnya agar mudah menyelesaikan permasalahan Maximum Flow Problem dengan algoritma Generic Preflow Push maka algoritma ini direpresentasikan dalam program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0. Pengimplementasian algoritma Generic Preflow Push ke dalam bahasa pemrograman Borland Delphi7.0 menghasilkan suatu alat hitung yang dapat memudahkan dalam pencarian nilai maksimum pada suatu permasalahan Maximum Flow Problem secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17224

Actions (login required)

View Item View Item