Persepsi perempuan korban pelecehan seksual jalanan terhadap pelecehan seksual jalanan / Rara Awalia Wara Kesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi perempuan korban pelecehan seksual jalanan terhadap pelecehan seksual jalanan / Rara Awalia Wara Kesti

Kesti, Rara Awalia Wara (2019) Persepsi perempuan korban pelecehan seksual jalanan terhadap pelecehan seksual jalanan / Rara Awalia Wara Kesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Warakesti Rara. 2019. Persepsi Perempuan Korban Pelecehan Seksual Jalanan Terhadap Pelecehan Seksual Jalanan. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indah Yasminum Suhanti S. Psi M. Psi. Kata Kunci persepsi persepsi perempuan pelecehan seksual jalanan Persepsi merupakan sebuah aktivitas yang melalui beberapa proses pengelolaan informasi untuk mendeteksi dan menafsirkan stimulus yang berasal dari lingkungannya. Proses persepsi tersebut diawali dengan adanya objek yang menimbulkan stimulus. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ketika perempuan menerima perlakuan yang membuatnya tidak nyaman seperti perlakuan street harassment maka mereka akan memiliki persepsi terhadap perlakuan tersebut. Street harassment merupakan sebuah tindakan pelecehan seksual yang sering terjadi di tempat umum seperti memberikan komentar secara seksual atau berupa sentuhan fisik seperti mencolek pada bagian tubuh wanita yang tidak diinginkan oleh korban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi perempuan terhadap street harassment di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang karena sebelumnya telah melakukan studi pendahuluan dan menemukan individu yang pernah mengalami street harassment dapat berdampak di kehidupan sosialnya. Selanjutnya untuk mengetahui persepsi perempuan yang pernah menjadi korban karena penelitian tentang kajian tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah pelecehan seksual terutama street harassment karena sering terjadi dan kurang mendapatkan perhatian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini partisipan sebanyak tiga individu dengan kriteria perempuan berusia 18 sampai 25 tahun yang sedang berdomisili di Malang dan pernah menjadi korban street harassment. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi pendukung. Validitas yang digunakan adalah triangulasi perspektif dengan melakukan wawancara kepada teman partisipan yang menjadi tempat cerita partisipan ketika menjadi korban. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi dari ketiga partisipan terhadap street harassment adalah hal yang negatif dan berdampak pada kehidupan sosial mereka. Street harassment adalah hal yang negatif bagi mereka dapat dilihat dari cara mereka merespon ketika menjadi korban. Mereka merespon kejadian tersebut dengan takut dan marah. Ketiga partisipan berharap agar kejadian seperti ini ditindak lanjuti agar lebih berkurang dan tidak ada lagi korban yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172235

Actions (login required)

View Item View Item