Hubungan antara efikasi diri dan metakognisi dengan minat baca mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Triapuji Aldina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara efikasi diri dan metakognisi dengan minat baca mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Triapuji Aldina

Aldina, Triapuji (2019) Hubungan antara efikasi diri dan metakognisi dengan minat baca mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Triapuji Aldina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aldina Triapuji. 2019. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Metakognisi Dengan Minat Baca Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Efikasi Diri Metakognisi Minat Baca Mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan pengetahuan secara mandiri terlebih seperti materi psikologi yang mengutamakan kajian literasi sehingga sebagai mahasiswa harus memiliki minat baca efikasi diri dan metakognisi untuk menunjang keberhasilan belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui gambaran efikasi diri (2) mengetahui gambaran metakognisi (3) mengetahui gambaran minat baca (4) mengetahui hubungan antara efikasi diri dan metakognisi dengan minat baca mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional ganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 551 mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi UM dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan minat baca yang disusun oleh peneliti. Sedangkan untuk metakognisi menggunakan skala MAI yang disusun Scraw Dennison dan diadaptasi ke dalam versi bahasa Indonesia oleh Abdullah dan Soemantri (2018). Perhitungan reliabilitas skala minat baca efikasi diri dan skala MAI menggunakan teknik analisis alpha croncbach s dengan nilai masing - masing 0 937 0 940 dan 0 904. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan antara efikasi diri dan metakognisi terhadap minat baca mahasiswa. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi ganda dengan hasil p 0 003 8804 0 05 maka diputuskan ditolak. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang memiliki efikasi diri dalam kategori rendah dengan persentasi 55% metakognisi dalam kategori rendah dengan persentasi 54% dan minat baca dalam kategori rendah yaitu 55% dari total keseluruhan subjek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan metakognisi terhadap minat baca. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) mahasiswa diharapkan untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat membaca dan mencari strategi belajar yang dapat meningkatkan proses metakognisi seperti membuat peta konsep materi yang akan dipelajari serta menumbuhkan keyakinan diri atas kemampuan yang dimiliki dengan mengurangi rasa cemas yang dirasakan dan (2) untuk peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji lebih dalam mengenai aspek-aspek pada tiap-tiap variabel dan faktor-faktor yang memiliki dapat mempengaruhi tingkat hubungan ketiga variabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172231

Actions (login required)

View Item View Item