Imlementasi algoritma tabu search pada Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) / Ulfa Maulida Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Imlementasi algoritma tabu search pada Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) / Ulfa Maulida Rahma

Rahma, Ulfa Maulida (2015) Imlementasi algoritma tabu search pada Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) / Ulfa Maulida Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahma Ulfa Maulida. 2015. ImplementasiAlgoritma Tabu Search pada Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si Pembimbing (II) Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom. Kata Kunci Vehicle Routing Problem (VRP) Algoritma Tabu Search Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) metode Nearest Neighbour. Dalam teori graph permasalahan optimasi rute kendaraan dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP).Masalah Vehicle Routing merupakanpermasalahan menemukan rute optimum dari suatu pendistribusian barang dari satu atau beberapa depot ke sejumlah pelanggannya yang mana diberikan beberapa batasan kendala. Vehicle Routing Problem with Double Time Windows (VRPDTW) yaitu VRP dengan terdapat dua batasan time window yaitu [e_0 l_ol] dan[e_0 l_or]. Time window pertama yaitu [e_0 l_ol]merupakaninterval waktu yang digunakanuntuk persiapan dan loading di depot sedangkan time window kedua yaitu[e_0 l_or]merupakaninterval waktuyang digunakan untuk perjalanan kendaraan dari depot ke customer sampai kembali ke depot. Selain dua batasan waktu tersebut VRPDTW juga memperhatikan kendala kapasitas kendaraan yang digunakan. Untuk menyelesaikan VRPDTW pada algoritma tabu search terdapat 3 tahapan penting yaitu tahap inisialisasi tahap pengembangan dan tahap pemilihan solusi terbaik. Pada tahap inisialisasi melibatkan metode nearest neighbouruntuk memperolah rute sementara serta algoritma penentuan kendaraan untuk menentukan rute ke kendaraan. Pada tahap pengembangan rute-rute yang diperoleh dari tahap inisialisai dieksplorasi lebih dalam dengan cara melakukan penukaran posisi antar titik. Solusi-sulusi sementara yang diperoleh dari tahap inisialisasi dan tahap pengembangan kemudian dimasukkan ke daftar solusi sementara (tabu list). Tahap pemilihan solusi terbaik merupakan tahap untuk memilih solusi optimum dari solusi-sulusi sementara yang terdapat dalam tabu list. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan VRPDTW dengan menggunakan algoritma tabu search. Selanjutnya agar lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan VRPDTW dengan menggunakan algoritma tabu search maka direpresentasikan dalam program komputer menggunakan Borlan Delphi 7.0. Dalam Skripsi ini telah diuji coba 15 20 30 dan 36 titik. Beberapa kelemahan dari program ini adalah untuk jumlah titik yang banyak membutuhkan waktu yang lama dalam pengisian tabel jarak titik dan tabel permintaan. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17220

Actions (login required)

View Item View Item