Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Ketrampilan Interpersonal Pada Siswa SMA Negeri Se-Kota Malang oleh Amalia Fitriany - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Ketrampilan Interpersonal Pada Siswa SMA Negeri Se-Kota Malang oleh Amalia Fitriany

Fitriany, Amalia (2010) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Ketrampilan Interpersonal Pada Siswa SMA Negeri Se-Kota Malang oleh Amalia Fitriany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini karena konsep diri merupakan suatu sistems ikapd an pandangans eseorantge rhadapd irinya yang merupakand asarb agi semuati ngkahl aku yangd ilakukano leh seseorangS.e laink onsepd iri sebagasi istem sikapy ang mendasarib agi semuat ingkah laku untuk merrcapapi enyesuaians osial yang memadai maka difutuhl n juga keterampilan interpersonal yang baik untuk membentuk hubungan interpersonal dengan orang lain. Secara teoritik terdapat hubungany ang positifnamun secarae mpirik belum terbukti apakaha da hubungan antarak eduav ariabelt ersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat konsep diri siswa SMA Negeri se-Kota Malang 2) tingkat keterampilan interpersonal siswa SMA Negeri se-Kota Malang 3) mengetahui apakah ada hubungan yang sipifikan/positif antara konsep diri dengan keterampilan interpersonal pada siswa SMA Negeri sekotaMalang. Jenisp enelitianin i adalahd eskriptif korelasionaPl.e nelitianin i dilaksanakan di SMAN 5 SMAN 2 SMAN 9 dan SMAN l0 Malang. Populasi penelitian ini adalatr siswa SMA Negeri se-Kota Malang Sampel penelitian ini adalah siswa tahun ajaran 2003-2004 yang berjumlah 322 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakand alamp enelitiani ni adalaht eknik Multipel RandomS ampling.S edangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) sangat sedikit siswa yang tingkat konsep dirinya sangat positif yaitt 2 Mo/o sedikit siswa yang tingkat konsep dirinya baik yaitu 39 5% banyak siswa yang tingkat konsep dirinya cukup baik -vaitu 53 48o/soa ngast edikits isway angt ingkat konsepd irinya negatifjugas angast edikit sisway ang tingkat konsepd irinya tergolongs angatn egatif yaitu 0 3o/o.(2s)m gat sedikits isway ang tingkat keterampilanin terpersonalnysaa ngatb aik yaitv 4 ll% sangats edikit siswa yang tingkat keterampilanI nterpersonalnyab aik yaitu 16 13% sedikits isway angt ingkatk eterampilanin terpersonalnycau kupb aik 43 67Yos e dikit sisway ang tingkat keterampilanin terpersonalnybau ruk yaitu 29 117od an sangat sedikits isway ang tingkat keterampilanin terpersonalnyas angatb uruk yaitu 6 29. (3) ada hubungan yang sigrifikan antara konsep diri dengan keterampilan interpersonapl ada siswa SMA Negeri se-Kota Malang yang diperoleh dari hasil analisis korelasi Product Moment Pearson bahwa r hitung 0 258 r tabel 0 098 denganta raf signifikansi5 % ini berartib erartit erdapath ubungany ang kuat positif antara konsep diri dan keterampilan interpersonal pada siswa SMA Negeri se-Kota Malang dengan demikian berarti hipotesis penelitian (lL) diterima dan untuk hipotesisn ihilnya (I ) ditolak. I Kesimpulannyaad alah1 ) bahwa rata-ratak onsepd iri siswaS MA Negen di KotaM alangt ergolongC ukupB aik/sedang2 ) bahwar ata-ratas isrvaS MA Negerid i KotraM alangm emiliki tingkat keterampilanin terpersonayl ang cukup baik/sedang dan 3) ada hubungan yang positif atau signifikan antara konsep diri dengan keterampilaint erpersonapla das iswaS MA Negens e-KotaM alang Berdasarkante muan tersebutd isaranlianp ihak-pihaky ang terkait dalam bidangb imbingany aitu l) Hendaknyas eorangk onselord apatl ebih meningkatkan perhatiannypaa dap emberianm aterim engenabi imbingans osialt entangb apimana meningkatkanp ercayad iri secaras istematisa gar siswa lebih menerimad irinya dan dapatm emandandgi rinya secarap ositif dan realistis 2 ) Hendaknyas eorangg uru dapat lebih meningkatkanp enguatan-penguatayna ng positif yaitu misalnya memberikanke sempatank epadas iswa untuk berpendapadt an menjawabp ertanyaan. Di sampingi tu juga guru diharapkand apt memberikans timulus/rangsangalne bih banyak lagi agar siswa dapat berkomunikasi secara lebih leluasa gun mengeluarkan potensi yang ada dalam dirinya 3) Diharapkan siswa dapat lebih mengembangkan diri ke arah yang lebih positif terutama pada pengembangan konsep diri dan keterampilanin terpersonalnyaa gar siswa dapat mernandangd irinya secaral ebih realistis dan dapat menerima dirinya dengan lebih baik dan positi tidak selalu berceflnin pada orang lain. Selain itu juga siswa diharapkan lebih Wrcaya diri unluk belajar lebih terbuka pada lingkungannya agar siswa dapat berkembang lebih optimal a) Bagi peneliti lanjutan hendaknya mengadakan penelitian pada subyek yang lebih luas lagi sehingga dapat melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya yangjuga rnengetengahkamn asalahh ubungana ntarak onsepd iri dan keterampilan interpersonsails wa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item