Hubungan pola asuh autoritatif dengan kedisiplinan belajar anak di MTS Mu`allimin NU Kota Malang / Aab Chabibul Abror - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh autoritatif dengan kedisiplinan belajar anak di MTS Mu`allimin NU Kota Malang / Aab Chabibul Abror

Abror, Aab Chabibul (2020) Hubungan pola asuh autoritatif dengan kedisiplinan belajar anak di MTS Mu`allimin NU Kota Malang / Aab Chabibul Abror. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedisiplinan belajar Mts Muallimin NU Kota Malang di pengaruhi oleh beberapa pola asuh orang tua. Salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar adalah pola asuh orangtua. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui pola asuh autoritatif siswa-siswi Mts Muallimin NU Kota Malang (2) mengetahui kedisiplinan belajar siswa-siswi Mts Muallimin NU Kota Malang (3) mengetahui hubungan pola asuh autoritatif dengan kedisiplinan belajar pada siswa-siswi Mts Muallimin NU Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian berjumlah 86 siswa-siswi Mts Muallimin NU Kota Malang yang ditentukan dengan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan dua instrument yaitu instrument pola asuh autoritatif dan instrument kedisiplinan belajar. Instrument pola asuh autoritatif memiliki validitas item antara 0 000 0 041 dan reliabilitas 0 848. Instrument kedisiplinan belajar memiliki validitas item antara 0 000 0 008 dan reliabilitas 0 912. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum pola asuh autoritatif siswa siswi Mts Muallimin NU Kota Malang berada pada kategori tinggi dengan persentase 41 3% (2) secara umum kedisiplinan belajar siswa-siswi Mts Muallimin NU Kota Malang berada pada kategori tinggi dengan persentase 87 2% (3) terdapat hubungan positif antara pola asuh autoritatif dengan kedisiplinan belajar siswa-siswi Mts Muallimin NU Kota Malang. Hal tersebut ditunjukkan nilai p 0 05 dan rxy 0 695 dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti hubungan yang terkait dengan pola asuh autoritatif dan kedisiplinan belajar. Selain itu bagi penelitian selanjutnya diharapkan meningkatkan jumlah subjek pada proses uji coba maupun penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172194

Actions (login required)

View Item View Item