Hubungan antara konsep diri dan kesadaran karier pada siswa SMK PGRI 7 Malang / Nur Izzatin Nufus - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dan kesadaran karier pada siswa SMK PGRI 7 Malang / Nur Izzatin Nufus

Nufus, Nur Izzatin (2020) Hubungan antara konsep diri dan kesadaran karier pada siswa SMK PGRI 7 Malang / Nur Izzatin Nufus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep diri adalah persepsi individu terhadap segala sesuatu yang ada pada diri individu berkembang dalam lingkungan dimana individu tersebut berada. Persepsi tersebut akan berkembang seiring dengan proses eksplorasi pada usia remaja dimana siswa sekolah menengah mulai memiliki gambaran tentang kehidupan kariernya di masa depan berdasarkan identitas vokasional yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran konsep diri siswa SMK (2) mengetahui gambaran kesadaran karier siswa SMK dan (3) mengetahui hubungan konsep diri dan kesadaran karier pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa SMK PGRI 7 Malang dengan jumlah sampel 71 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala konsep diri dan skala kesadaran karier. Reliabilitas skala konsep diri sebesar 0.962 dan reliabilitas skala kesadaran karier sebesar 0.957. Analisis data penelitian menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri terhadap kesadaran karier siswa SMK dengan nilai rxy sebesar 0.435 dan p 0 000 (p lt 0 05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan kesadaran karier pada siswa SMK. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan yaitu agar peneliti selanjutnya mengkaji mengenai variabel lain yang berhubungan dengan konsep diri terkait dengan kesadaran karier yang sesuai dengan siswa sekolah menengah agar lebih dapat meningkatkan kesadaran karier siswa sehingga dapat menyongsong dunia kerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172184

Actions (login required)

View Item View Item