pengaruh media pembelajaran emotion bingo board untuk meningkatkan kemampuan mengenal ekspresi emosi pada anak usia dini di pos paud mutiara bunda kota malang. / jamila - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh media pembelajaran emotion bingo board untuk meningkatkan kemampuan mengenal ekspresi emosi pada anak usia dini di pos paud mutiara bunda kota malang. / jamila

Jamila (2021) pengaruh media pembelajaran emotion bingo board untuk meningkatkan kemampuan mengenal ekspresi emosi pada anak usia dini di pos paud mutiara bunda kota malang. / jamila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui keefektifitasan penggunaan media pembelajaran visual Emotion Bingo Board (EBB) untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenali ekspresi emosi di Pos Paud Mutiara Bunda Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistika parametrik dengan rancangan model eksperimen yang digunakan adalah model eksperimen pretest-posttest control group design. Terdapat 19 orang subjek dalam eksperimen ini. 10 subjek merupakan kelompok eksperimen sedangkan 9 subjek merupakan kelompok kontrol yang diambil secara acak menggunakan simple random sampling. Deskripsi data dihasilkan hasil analisis deskriptif statistic meliputi mean skor deviasi nilai terendah dan nilai tertinggi pada hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian setelah dilakukan uji-t kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa P-value (Sig.2-tailed) sebesar 0 0015 lt alpha 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada akhir penelitian siswa kelompok eksperimen memiliki kemampuan akhir atau dalam penelitian ini hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelompok kontrol sehingga hipotesis diterima yang berarti ada pengaruh Emotion Bingo Board untuk membantu meningkatkan kemampuan mengenal ekspresi emosi anak usia dini. Bagi penelitian selanjutnya disarankan dapat menambahkan variasi dari Metode Pembelajaran dengan mediaEmotion bingo Boardagar anak usia dini tidak jenuh karena metode pembelajaran yang monoton. Semakin banyak variasi yang dilakukan akan semakin baik. Hal itu dilakukan untuk memperpanjang waktu perlakuan eksperimen agar hasil dari perlakuan ini bisa dilihat dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172173

Actions (login required)

View Item View Item