Fuadiyah, Azmil (2015) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang menggunakan prosedur Newman / Azmil Fuadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fuadiyah Azmil. 2015. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas X SMK Negeri 4 Malang Menggunakan Prosedur Newman. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si. Kata kunci Analisis Kesalahan Soal Cerita SPLDV Prosedur Newman. Dalam pembelajaran matematika soal cerita dianggap kurang menarik dan dianggap sulit oleh sebagian siswa. Oleh sebab itu banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Prosedur yang digunakan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita tersebut adalah prosedur Newman. Prosedur Newman memiliki lima tahap yaitu (1) membaca (reading) (2) memahami (comprehension) (3) transformasi (transformation) (4) keterampilan proses (process skill) (5) penulisan jawaban akhir (encoding). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMK Negeri 4 Malang. Siswa yang mengerjakan ketiga soal tes dengan lengkap dan melakukan kesalahan dalam pengerjaannya akan dijadikan subjek penelitian. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan subjek penelitian akan di analisis berdasarkan lima tahap prosedur Newman yang telah disebutkan di atas. Hasil analisis pada penelitian ini menemukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persaman Linear Dua Variabel terletak pada (1) memahami (comprehension) yaitu salah dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan kurang lengkap (2) transformasi (transformation) yaitu tidak bisa memisalkan dan tidak bisa mengubah soal cerita ke dalam kalimat matematika (3) keterampilan proses (process skill) yaitu salah dalam mengoperasikan bilangan atau variabel dan salah dalam menemukan jawaban (4) penulisan jawaban akhir (encoding) yaitu tidak menuliskan jawaban akhir dan salah dalam menuliskan kembali jawaban akhir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17217 |
Actions (login required)
View Item |