Irsyad, Luluk Nur Hidayati (2015) Perancangan game eyes math sebagai metode pengenalan matematika untuk anak usia dini / Luluk Nur Hidayati Irsyad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Irsyad Luluk NH. 2014. Perancangan Game Eyes Math sebagai Metode Pengenalan Matematika untuk Anak Usia Dini. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Mahmuddin Yunus S.Kom M.Cs (II) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata kunci game matematika anak usia dini 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Memperkenalkan matematika kepada anak usia dini sehingga memerlukan media agar mudah dipahami dan dipelajari. Karena pada dasarnya anak usia dini lebih menyukai bermain dari pada belajar sehingga game merupakan media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan matematika kepada anak usia dini. Game eyes math adalah game edukasi yang memperkenalkan matematika kepada anak usia dini. Usia dini disini berkisar antara 4 6 tahun. Di mana pada usia tersebut anak mulai/telah memasuki pendidikan dasar atau TK. Pada sekolah TK anak mulai memperoleh pelajaran dasar matematika. Game eyes math ini dirancang berdasarkan pelajaran matematika TK sehingga sesuai dengan kebutuhan anak. 12288 12288 12288 12288 Game eyes math terdiri 9 pilihan permainan yaitu pola klasifikasi bilangan ukuran bentuk bangun datar bentuk bangun ruang statistika dan aritmatika. Setiap pilihan permainan memuat 3 level yang bisa dipilih tanpa harus menyelesaikan level yang lebih rendah. Namun jika memilih level yang lebih rendah maka harus mempunyai skor/nilai sempurna agar bisa lanjut ke level yang lebih tinggi. Game ini dirancang dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dengan size 800 600 pixel. 12288 12288 12288 12288 Uji kelayakan game dilakukan oleh ahli media atau dosen validator 3 orang guru PAUD dan TK 1 orang mahasiswa bimbingan konseling (BK) dan 6 anak usia dini berkisar antara 4-6 tahun. Hasil validasi dari dosen validator mendapat persentase sebesar 94 25% 87 12% untuk uji lapangan kepada 3 guru PAUD dan TK 96 32% untuk uji lapangan kepada mahasiswa BK dan 91 79% untuk uji coba lapangan kepada 6 anak usia dini. Hasil rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah sebesar 92 37% dan dikategorikan valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17216 |
Actions (login required)
View Item |