Hubungan kontrol diri dan perilaku cyberbullying pada siswa sma swasta x di kota bogor / Nadzifah Fiddiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kontrol diri dan perilaku cyberbullying pada siswa sma swasta x di kota bogor / Nadzifah Fiddiana

Fiddiana, Nadzifah Fiddiana (0000) Hubungan kontrol diri dan perilaku cyberbullying pada siswa sma swasta x di kota bogor / Nadzifah Fiddiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja akan berusaha mendapat kebebasan secara emosional mencari nilai-nilai yang sesuai dengan dirinya dan mengeksplorasi dirinya untuk mencari identitas diri. Dampak dari remaja yang gagal merealisasikan identitasnya yaitu mereka akan mengembangkan perilaku bermasalah yang dianggap menyimpang menutup diri dari lingkungan sosial dan melakukan kriminalitas salah satunya yaitu perilaku bullying. Perkembangan teknologi memberikan dampak besar seperti munculnya bentuk baru dari perilaku bullying yaitu perilaku cyberbullying yang mana dilakukan melalui media elektronik. Semua bentuk perilaku bullying memiliki dampak negatif pada semua pihak yang terlibat bahkan dampak cyberbullying lebih besar dari bullying karena meninggalkan jejak digital seperti tulisan foto maupun video. Motivasi individu terlibat dalam perilaku cyberbullying dapat dikarenakan marah sakit hati balas dendam maupun karena frustasi. Kenakalan remaja seperti cyberbullying dapat terjadi karena di pengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya kontrol diri yang dimiliki individu. Individu yang memiliki kontrol diri yang baik seharusnya dapat mengatur perilakunya kearah yang lebih positif namun jika individu kurang mampu mengontrol perilakunya akan menjadikannya berperilaku kearah negatif sehingga dapat terjadi perilaku yang berkaitan dengan kekerasan intimidasi dan perilaku emosional lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dan perilaku cyberbullying pada siswa SMA Swasta X di Kota Bogor. Sampel penelitian sebanyak 95 siswa berusia 14-18 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa Skala Perilaku Cyberbullying berdasarkan bentuk-bentuk cyberbullying oleh Willard (2005) yaitu flaming harassment denigration impersonation outing and trickery exclusion dan cyberstalking. Kemudian pada penelitian ini menggunakan Skala Kontrol Diri berdasarkan aspek-aspek kontrol diri Averill (1973) yaitu kontrol perilaku (behavior kontrol) kontrol kognitif (cognitive kontrol) dan kontrol keputusan (decision kontrol). Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan korelasi r -0 465 dan nilai signifikansi (p) menunjukkan (0 00 lt 0 05) yang artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan perilaku cyberbullying pada siswa SMA Swasta X di Kota Bogor. Artinya semakin tinggi tingkat kontrol diri maka semakin rendah tingkat perilaku cyberbullying dan sebaliknya semakin rendah tingkat kontrol diri maka semakin tinggi tingkat perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172151

Actions (login required)

View Item View Item