Hubungan antara self-compassion dan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa / Rizky Amaliah Putri Al-Majid - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self-compassion dan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa / Rizky Amaliah Putri Al-Majid

Al-majid, Rizky Amaliah Putri Al-majid (2021) Hubungan antara self-compassion dan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa / Rizky Amaliah Putri Al-Majid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa merupakan proses peralihan dari masa SMA ke perguruan tinggi dimana tekanan yang dihadapi akan semakin bertambah. Tekanan-tekanan seperti desakan dari orang tua dalam menyelesaikan skripsi merasa salah dalam memilih juruan penyesuaian diri tugas-tugas kuliah pola pikir yang negatif tentang diri sendiri dan lain-lain dapat mengakibatkan terjadinya stres akademik. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dalam mengelola emosi penerimaan diri serta kasih sayang terhadap diri sendiri untuk mengurangi stres tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara self-compassion dan stres akademik (2) hubungan antara regulasi emosi dan stres akademik dan (3) hubungan antara self-compassion dan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif di Universitas Negeri Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan dan berhubugan secara negatif antara self-compassion dan stres akademik dengan signifikansi lt 0 05 dan nilai pearson correlation sebesar -0 364 (2) terdapat hubungan yang signifikan dan berhubugan secara negatif antara regulasi emosi dan stres akademik dengan signifikansi lt 0 05 dan nilai pearson correlation sebesar -0 317 dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self-compassion dan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa dengan signifikansi lt 0 05 dan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0 385.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172143

Actions (login required)

View Item View Item