Implementasi metode sequential insertion pada permasalahan Vehocle Routing Problem With Backhaul Multiple Trip and Time Window (VRPB-MTTW) / Wida Dwi Hapsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode sequential insertion pada permasalahan Vehocle Routing Problem With Backhaul Multiple Trip and Time Window (VRPB-MTTW) / Wida Dwi Hapsari

Hapsari, Wida Dwi (2014) Implementasi metode sequential insertion pada permasalahan Vehocle Routing Problem With Backhaul Multiple Trip and Time Window (VRPB-MTTW) / Wida Dwi Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hapsari Wida Dwi. 2014. Implementasi Metode Sequential Insertion pada Permasalahan Vehicle Routing Problem with Backhaul Multiple Trip and Time Window. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sapti Wahyuningsih M.Si. (II) Darmawan Satyananda S.T M.T. Kata Kunci Algoritma sequential insertion Vehicle Routing Problem with Backhaul Multiple Trip and Time Window Delphi 7.0 Vehicle Routing Probem with Backhaul Multiple Trip and Time Window (VRPB-MTTW) berkembang ketika sejumlah kendaraan dari depot akan melakukan pendistribusian ke beberapa pelanggan (pelanggan linehaul dan backhaul) dan kembali ke depot yang sama dengan jumlah kendaraan jarak dan waktu pendistribusian yang minimum tanpa melanggar kendala kapasitas dan kendala waktu (time window). 12288 12288 12288 12288 Algoritma Sequential Insertion pada VRPB-MTTW diawali dengan pemilihan pelanggan pertama (seed customer yaitu pelanggan linehaul). pemilihan pelanggan berdasarkan kriteria earliest deadline (waktu pelayanan tercepat dari depot). Selanjutnya pemilihan pelanggan berikutnya adalah pelanggan yang memiliki waktu perjalanan terkecil dari pelanggan sebelumnya. Hal tersebut berlangsung sampai tidak ada pelanggan linehaul yang dapat dilayani (kapasitas muatannya melebihi kapasitas kendaraan atau melebihi time window) jika sudah tidak ada pelanggan linehaul yang dapat dilayani lanjutkan untuk pelanggan backhaul sampai tidak ada pelanggan backhaul yang dapat dilayani. Apabila masih terdapat pelanggan yang belum dilayani dan waktu pelayanannya kurang dari time window depot buat tur baru dengan rute yang baru. Hal ini dilakukan sampai semua pelanggan sudah dilayani. Pelanggan backhaul hanya dapat dilayani setelah pelanggan linehaul. Algoritma tersebut bertujuan untuk memperoleh solusi dengan jarak waktu perjalanan dan jumlah kendaraan yang digunakan optimum. 12288 12288 12288 12288 Implementasi algoritma sequential insertion pada contoh permasalahan dengan 10 pelanggan (6 linehaul dan 4 backhaul) diperoleh 2 tur dalam satu perjalanan dengan total jarak 424 km dan total waktu perjalanan 8 07 jam. Sedangkan dengan 13 pelanggan (6 linehaul dan 7 backhaul) diperoleh 3 tur dalam satu perjalanan dengan total jarak 392 km dan total waktu perjalanan 8 38 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17214

Actions (login required)

View Item View Item