Wilujeng, Estu Kanthi (2014) Algoritma self-developed pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) / Estu Kanthi Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wilujeng Estu Kanthi. 2014. Algoritma Self-Developed pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si Pembimbing (II) Mohamad Yasin S.Kom M.Kom. Kata Kunci Graph Vehicle Routing Problem (VRP) Algoritma Self-Developed Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) Grouping Routing Schedulling Saving Borland Delphi 7.0. 12288 12288 12288 Dalam teori graph permasalahan optimasi rute kendaraan dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP). VRP merupakan permasalahan optimasi mengenai sejumlah customer (pelanggan) pada lokasi tertentu dan harus dilayani oleh suatu depot (perusahaan) dengan menggunakan sejumlah kendaraan dengan kapasitas yang terbatas. Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) yaitu permasalahan menentukan keseluruhan rute untuk sejumlah kendaraan dari lebih dari satu depot (multi depot) untuk suatu himpunan customer (pelanggan) dan kembali ke depot (perusahaan) yang sama dengan total jarak pengiriman yang minimum tanpa melanggar kendala kapasitas. 12288 12288 12288 Pada MDVRP terdapat tiga langkah utama yaitu grouping routing dan schedulling. Grouping merupakan pengelompokkan customer-customer berdasarkan rute yang terdekat dengan salah satu depot. Tahap routing yaitu pencarian rute untuk setiap depot dalam hal ini menggunakan metode saving pada Algoritma Self-Developed. Terdapat dua langkah yaitu langkah inisialisasi dan iterasi. Algoritma Self-Developed merupakan algoritma yang dibuat dengan menambahkan beberapa modifikasi untuk saving algorithm berdasarkan pada intuisi untuk banyak rute. Algoritma Self-Developed menghitung saving dengan tabel waktu akhir penyelesaian sehingga rute yang dihasilkan dapat menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk setiap rute yang terbentuk serta jarak dan permintaan yang dibutuhkan. Selanjutnya rute-rute dijadwalkan pada tahap schedulling dan akhirnya mendapatkan kumpulan rute pada masing-masing depot. 12288 12288 12288 Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaiakan permasalahan MDVRP dengan menggunakan Algoritma Self-Developed. Selanjutnya agar lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan MDVRP dengan menggunakan Algoritma Self-Developed maka direpresentasikan dalam program komputer menggunakan Borland Delphi 7.0. Dari simulasi program terlihat bahwa adanya kaitan antara kapasitas kendaraan dengan permintaan total dari setiap rute yang terbentuk untuk kapasitas kendaraan yang sangat besar maka rute yang dihasilkan akan lebih sedikit tetapi untuk kapasitas kendaraan yang kecil akan menyebabkan rute yang dihasilkan lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17213 |
Actions (login required)
View Item |