Hubungan antara manajemen waktu dan kecerdasan emosional dengan self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia Kabupaten Probolinggo / Primawati Putri Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara manajemen waktu dan kecerdasan emosional dengan self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia Kabupaten Probolinggo / Primawati Putri Rosita

Rosita, Primawati Putri (2019) Hubungan antara manajemen waktu dan kecerdasan emosional dengan self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia Kabupaten Probolinggo / Primawati Putri Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosita P. P. 2019. Hubungan Manejemen Waktu dan Kecerdasan Emosional dengan Self-directed Learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia Kabupaten Probolonggo. Skipsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ike Dwiastuti S. Psi. M. Psi Kata kunci manejemen waktu kecerdasan emosional self-directed Learning Dalam pelaksanaan program paket C seharusnya sudah bisa mengatur waktu dengan baik dan bisa mandiri dalam belajar namun harapan tersebut tidak sesuai dengan kenyaataan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran manajemen waktu siswa (2) gambaran kecerdasan emosional siswa (3) gambaran self-directed learning siswa (4) hubungan manajemen waktu dengan self-directed learning siswa (5) hubungan antara kecerdasan emosional dengan self-directed learning siswa (6) hubungan antara manajemen waktu kecerdasan emosional dan self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskripstif dan korelasional kuantitatif. Subjek penelitian diambil dari seluruh siswa paket C di PKBM Insan Cendekia yang berjumlah 50 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan skala manajemen waktu skala kecerdasan emosional dan skala self-directed learning. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment pada skala manejemen waktu diperoleh 30 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0 863 dan skala kecerdasan emosional diperoleh 36 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0 910 sedangkan skala self-directed learning diperoleh 32 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0 874 pada Alpha Cronbach. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa paket C Di PKBM Insan Cendekia Kabupaten Probolinggo memiliki manejemen waktu yang rendah (62%) dan kecerdasan emosional yang rendah (60%) selain itu juga memiliki Self-directed learning yang rendah (54%). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji hipotesis analisis korelasi Pearson Product Moment untuk hipotetis yang pertama diperoleh nilai sign 0 001 artinya ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dengan Self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendana. Kedua diperoleh nilai sign 0 005 artinya ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan Self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia. Yang terakhir diperoleh nilai sign 0 000. Hal tersebut berarti ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dan kecerdasan emosional dengan Self-directed learning siswa paket C di PKBM Insan Cendekia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa paket C di PKBM Insan Cendekia untuk meningkatkan kemampuan dalam memanejemen waktu dengan cara membuat agenda harian sehingga dapat melaksanakan perencanaan belajar yang optimal. Selain itu bagi tutor dan pengurus PKBM Insan Cendekia dapat memberikan dukungan yang positif dan motivasi sebelum pembelajaran dimulai sehingga siswa dapat mengoptimalkan manejemen waktunya dan siswa memiliki inisiatif sendiri dalam melaksanakan perencanaan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172107

Actions (login required)

View Item View Item