Penerapan metode upper bound pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) / Fahimatul Izzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode upper bound pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) / Fahimatul Izzah

Izzah, Fahimatul (2014) Penerapan metode upper bound pada Multi Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) / Fahimatul Izzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Izzah Fahimatul. 2014. PenerapanMetode Upper Bound padaMulti Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP). Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Mohamad Yasin S.Kom M.Kom. (2) Dra. Sapti Wahyuningsih M.Si. Kata Kunci Graph Shortest path Vehicle Routing Problem(VRP) Multi Depot Vehicle Routing Problem(MDVRP) Metode Upper Bound Travelling Salesman Problem(TSP) dan Borland Delphi 7.0. Dalam graph terdapat berbagai permasalahan yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari seperti Shortehst Path Travelling Salesman Problem(TSP) dan Vehicle Routing Problem(VRP). Suatu shortest path yang melewati seluruh titik dalam suatu graph dan kembali ke titik awal disebut Travelling Salesman Problem (TSP). Suatu TSP menghasilkan cycle tunggal perluasan suatu TSP yang menghasilkan cycle lebih dari satu disebut VRP. Salah satu perluasan dari VRP adalah Multi Depot Vehicle Routing Problem(MDVRP) dimana permasalahannya meliputi beberapa depot yang melayani beberapa customer terdekatnya dengan total jarak minimum dan kembali ke depot yang sama tanpa melanggar kendala kapasitas kendaraan. Dalam skripsi ini metode Upper Bound dari shortest path akan dimodifikasi sedemikian sehingga dapat diterapkan pada MDVRP dan direpresentasikan ke dalam bahasa pemrograman Borland Delphi 07. Terdapat tiga tahap dalam permasalahan MDVRP diantaranya adalah pengelompokan pembentukan rute dan pengurutan rute. Pada tahap pengelompokan beberapa customer dikelompokkan berdasarkan depot terdekat. Pada tahap pembentukan rute pencarian rute menggunakan metode Upper Bound. Metode Upper Bound dari TSP dimodifikasi dengan cara menambahi kendala kapasitas sehingga dapat diterapkan pada MDVRP terdapat dua langkah pada metode tersebut yakni pemilihan depot sebagai titik awal pencarian rute dan dilanjutkan dengan pencarian jarak terpendek antar titik yang terpilih. Pada Tahap terakhir urutan pengiriman dipilih sehingga urutan pengiriman dimulai dari depot ke customer terdekat kemudian ke customer berikutnya yang terdekat dari customer sebelumnya dan seterusnya. Proses pencarian rute dengan menggunakan program Upper Bound pada MDVRP diawali dengan penginputan beberapa titik berupa depot dan customer dan data berdasarkan tabel yang disediakan. Selanjutnya adalah tahap pencarian yang menghasilkan beberapa rangkaian rute tertulis dan visualisasi rute bergambar. Program Upper Boundpada MDVRP ini telah disimulasikan pada 11 21 50 dan 100 titik. Dari keempat simulasi tersebut terdapat dua yang dibandingkan dengan program Clark and Wright pada MDVRP. Analisa perbandingan program ini dengan program Clark and Wright pada MDVRP untuk 11 titik menghasilkan rute dan total jarak yang sama akan tetapi untuk 21 titik program ini menghasilkan jumlah rute yang sama akan tetapi total jarak tempuh lebih besar atau tidak lebih minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17209

Actions (login required)

View Item View Item