Hubungan antara tingkat stres akademik dan prestasi akademik siswa full day elementary school / Ziyadatul Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tingkat stres akademik dan prestasi akademik siswa full day elementary school / Ziyadatul Afifah

Afifah, Ziyadatul (2020) Hubungan antara tingkat stres akademik dan prestasi akademik siswa full day elementary school / Ziyadatul Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Afifah Ziyadatul. 2020. Hubungan antara Stres Akademik dan Prestasi Akademik Siswa Full Day Elementary School. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata Kunci stres akademik prestasi akademik siswa full day elementary school. Stres akademik merupakan keadaan individu yang mengalami tekanan dari lingkungan akademiknya sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada diri individu tersebut. Stres akademik biasanya dialami oleh siswa yang tidak mampu menghadapi tuntutan tugas maupun kebijakan-kebijakan yang yang telah ditentutakan oleh sekolah. Kebijakan menerapkan sistem full day school juga dapat memperbesar peluang siswa mengalami stres akademik hal tersebut didukung oleh penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa stres akademik yang dialami oleh siswa sekolah dasar dengan sistem full day lebih tinggi dibandingkan dengan siswa sekolah dasar yang bersistem half day. Kondisi stres akademik yang dialami siswa membuat siswa tidak siap menerima pelajaran dengan maksimal sehingga akan berpengaruh pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui tingkat stres akademik siswa full day school di SDI Surya Buana (2) untuk mengetahui prestasi akademik siswa full day school di SDI Surya Buana (3) untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres akademik dengan prestasi akademik siswa full day school di SDI Surya Buana. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional untuk melihat hubungan anatara variabel bebas yaitu stres akademik (x) dan variabel terikat yaitu prestasi akademik (y). Populasi dari penelitia ini adalah siswa kelas 5 di SDI Surya Buana yang berjumlah 84 siswa. Teknik sampling yang digunakan ialah sampel populasi atau sampel jenuh. Pengumpulan data penelitian untuk variabel menggunakan aspek stres akademik yang dikemukakan oleh Gadzella dan Masten (2005) dan Sarafino (2011). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres akademik dan prestasi akademik siswa full day school di SDI Surya Buana (1) sebagian besar siswa memiliki tingkat stres akademik yang rendah (57 1%) (2) sebagian besar siswa memiliki tingkat prestasi tinggi (51 2%) (3) Hasil perhitungan menggunakan product moment diketahui bahwa terdapat hubungan negatif (rxy -0 792) dengan signifikansi 0 000 antara stres akademik dan prestasi akademik pada siswa full day di SDI Surya Buana. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat stres akademik maka semakin rendah prestasi akademik siswa full day di SDI Surya Buana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran dari peneliti yaitu pihak sekolah diharapkan menaruh perhatian lebih terhadap kondisi dan kebutuhan siswa di sekolah sehingga untuk meminimalisir dan mengurangi jumlah siswa yang mengalami stres akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172074

Actions (login required)

View Item View Item