kesejahteraan psikologis pada ibu sebagai orang tua tunggal di kota malang / amethysa iganingrat - Repositori Universitas Negeri Malang

kesejahteraan psikologis pada ibu sebagai orang tua tunggal di kota malang / amethysa iganingrat

Iganingrat, Amethysa Iganingrat (2021) kesejahteraan psikologis pada ibu sebagai orang tua tunggal di kota malang / amethysa iganingrat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kejadian ibu (orang tua tunggal) menyebabkan terjadinya pergeseran peran. Pergeseran peran ini dapat menimbulkan berbagai masalah terutama masalah kesejahteraan psikologis. Padahal kesejahteraan psikologis pada ibu (orang tua tunggal) sangat dibutuhkan agar ibu (orang tua tunggal) dapat menjalani perannya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika kesejahteraan psikologis pada ibu (orang tua tunggal) yang bertempat di Kota malang. Kesejahteraan psikologis adalah kondisi sejahtera yang mengacu pada aktualisasi diri seseorang. Kesejahteraan psikologis ini mengacu pada enam aspek yaitu penerimaan diri hubungan positif dengan orang lain pengembangan diri penguasaan lingkungan tujuan hidup otonomi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan mengacu pada keenam aspek kesejahteraan psikologis. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu mengumpulkan data reduksi data penyajian data dan verifikasi. Agar mendapatkan data yang kredibel maka peneliti melakukan beberapa tahapan yaitu perpanjangan waktu penelitian member check dan expert opinion. Dari tiga ibu (orang tua tunggal) yang telah diwawancarai terdapat satu ibu yang telah sejahtera secara psikologis dan dua lainnya masih belum baik kesejahteraan psikologisnya. Dinamika psikologis yang dialami oleh partisipan pertama dilalui dengan pengelolaan emosi yang baik sehingga partisipan pertama dapat menerima dirinya dengan baik. Partisipan pertama juga telah memiliki hubungan positif dengan orang lain otonomi serta penguasaan lingkungan yang baik sebelum menjadi ibu tunggal oleh karena pengalamannya merawat suami selama bertahun-tahun tujuan hidup partisipan pertama juga berganti dari keluarga menjadi anak. Partisipan pertama memiliki lebih banyak waktu luang dan dapat menjadi pribadi yang berkembang. Partisipan kedua dapat melakukan penerimaan diri memiliki hubungan positif dengan orang lain dan otonomi dikarenakan adanya perubahan emosi yang positif. Penguasaan lingkungan dan menjadi pribadi yang berkembang belum tercapai akibat adanya kesulitan dalam pengambilan keputusan dan hubungan interpersonal dengan anak yang kurang baik. Partisipan ketiga mampu menerima diri dengan baik dan memiliki hubungan positif dengan orang lain. Aspek otonomi dan penguasaan lingkungan belum baik oleh karena kesulitan ekonomi dan partisipan memanfaatkan potensinya untuk mengurangi beban finansialnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172059

Actions (login required)

View Item View Item