dukungan sosial dan kesepian sebagai prediktor depresi pada remaja awal di kota palu / aulia nafira aswar - Repositori Universitas Negeri Malang

dukungan sosial dan kesepian sebagai prediktor depresi pada remaja awal di kota palu / aulia nafira aswar

Aswar, Aulia Nafira Aswar (2021) dukungan sosial dan kesepian sebagai prediktor depresi pada remaja awal di kota palu / aulia nafira aswar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial dan kesepian sebagai prediktor depresi pada remaja awal di Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang berjenis deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh remaja awal yang ada di Kota Palu. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik kuota sampling. Adapun jenis instrumen penelitian ini menggunakan skala pengukuran psikologi yang terdiri dari 3 skala yaitu dukungan sosial skala kesepian dan skala depresi. Penulis melakukan adaptasi pada Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang dikembangkan oleh Zimet et al. (1988) lalu untuk skala kesepian menggunakan skala R-UCLA Loneliness Scale Version 3 oleh Russell (1996) yang juga diadaptasi oleh penulis dan skala depresi menggunakan Beck Depression Inventory II oleh Beck et al. (1996) yang juga diadaptasi oleh penulis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil Sig. 0 000 yang berarti terdapat pengaruh secara simultan dukungan sosial dan kesepian terhadap depresi dengan nilai R square 0 377 atau 37 7%. Untuk sumbangan efektif dukungan sosial sebesar 11% dan kesepian sebesar 26 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172057

Actions (login required)

View Item View Item