Peran stres akademik dan kecerdasan spiritual terhadap subjective well-being pada mahasiswa selama masa pandemi / Farah Aliyah Syahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran stres akademik dan kecerdasan spiritual terhadap subjective well-being pada mahasiswa selama masa pandemi / Farah Aliyah Syahidah

Syahidah, Farah Aliyah Syahidah (0000) Peran stres akademik dan kecerdasan spiritual terhadap subjective well-being pada mahasiswa selama masa pandemi / Farah Aliyah Syahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi covid 19 menyebabkan perubahan sistem pembelajaran dari offline menjadi online. Pembelajaran online dalam jangka panjang berdampak antara lain pada subjective well being mahasiswa. Beberapa penelitian sebelumnya menghubungkan subjective well being mahasiswa dengan stres akademik dan penelitian lain menghubungkan subjective well being mahasiswa dengan kecerdasan spiritual. Sejauh ini belum ditemukan bagaimana stres akademik dan kecerdasan spiritual secara simultan berkontribusi terhadap subjective well being mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi stres akademik dan kecerdasan spiritual terhadap subjective well being mahasiswa. Sebanyak 116 mahasiswa di salah satu kota di provinsi Jawa Timur melengkapi tiga alat ukur yaitu skala subjective well-being skala stres akademik dan skala kecerdasan spiritual. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan stres akademik secara parsial berpengaruh terhadap subjective well-being (t 8.567 p lt .05) kecerdasan spiritual secara parsial berpengaruh terhadap subjective well-being (t 3.677 p lt .05) dan stres akademik dan kecerdasan spiritual secara simultan berpengaruh terhadap subjective well-being (F 44.567 p lt .05 R2 .386). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variasi subjective well being pada mahasiswa dapat dijelaskan sebesar 38.6% oleh stres akademik dan kecerdasan spiritual. Agar subjective well being dapat dipertahankan dalam masa pandemi yang panjang ini kepada mahasiswa disarankan untuk meningkatkan kemampuan mengelola stres akademik dan meningkatkan kecerdasan spiritualnya. Keywords subjective well-being stres akademik kecerdasan spiritual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/172055

Actions (login required)

View Item View Item