Penerapan algoritma harmony search pada Resource-Constrained Project Scheduling Problem (RCPSP) / Rizky Imansyah Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma harmony search pada Resource-Constrained Project Scheduling Problem (RCPSP) / Rizky Imansyah Putra

Putra, Rizky Imansyah (2013) Penerapan algoritma harmony search pada Resource-Constrained Project Scheduling Problem (RCPSP) / Rizky Imansyah Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Rizky Imansyah. 2013. Penerapan Algoritma Harmony Search pada Resource-Constrained Project Scheduling. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. H. Purwanto Ph. D. Kata Kunci algoritma harmony search Resource-Constrained Project Scheduling (RCPSP) penjadwalan. Resource-Constrained Project Scheduling (RCPSP) adalah perluasan dari project scheduling. Resource-Constrained Project Scheduling berkembang untuk memperhitungkan durasi penjadwalan pengerjaan proyek dengan kendala sumberdaya yang terbatas sehingga bisa ditentukan durasi pengerjaan proyek yang minimum tanpa melebihi sumberdaya yang tersedia. Algoritma Harmony Search pada RCPSP memiliki tujuh langkah yaitu inisialisasi masalah memasukan data RCPSP inisialisasi parameter Algoritma Harmony Search inisialisasi harmony memory (HM) membangkitkan vektor solusi baru meng-update harmony memory (HM) mengecek kriteria pemberhentian. Pada contoh 1 solusi penjadwalan proyek 1 yang diperoleh dengan menggunakan Algoritma Harmony Search yaitu 22 hari solusi ini lebih baik dibandingkan solusi yang diperoleh dari Algoritma Critical Path Method (CPM) yaitu 23 hari. Pada contoh 2 solusi penjadwalan proyek 2 yang diperoleh dengan menggunakan Algoritma Harmony Search sama dengan solusi dengan menggunakan Algoritma Critical Path Method (CPM) yaitu 39 hari. Hal ini dikarenakan kecilnya harmony memory size yang digunakan untuk mencari solusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17202

Actions (login required)

View Item View Item