Analisis kinerja algoritma pemrograman dinamik pada masalah multystage graph / Wawan Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja algoritma pemrograman dinamik pada masalah multystage graph / Wawan Setiawan

Setiawan, Wawan (2013) Analisis kinerja algoritma pemrograman dinamik pada masalah multystage graph / Wawan Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan Wawan. 2013. Analisis Kinerja Algoritma Pemrograman Dinamik Pada Masalah Multistage Graph. Skripsi. Program Studi Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Susy Kuspambudi Andaini M. Kom. (2) Dra. Sapti Wahyuningsih M. Si Kata Kunci Algoritma Running Time Multistage Problem Pemrograman dinamik A . Suatu perusahaan memiliki masalah yang beragam diantaranya adalah masalah yang berbentuk multitage. Masalah multistage adalah masalah yang terdiri dari beberapa tahapan. Bentuk masalah multistage seperti masalah perencanaan penerbangan (flightplan) yaitu pemilihan ketinggian kecepatan dan rute yang diambil. Untuk menyelesaikan masalah multistage perlu suatu cara yang tepat seperti penggunaan algoritma yang sesuai. Algoritma yang dapat digunakan menyelesaikan masalah multitage yaitu algoritma pemrograman dinamik. Untuk mengetahui algoritma tersebut sesuai perlu pengkajian lebih mendalam pada algoritma tersebut. Tujuan pengkajian ini adalah untuk mengetahui kinerja algoritma pemrograman dinamik dan implementasinya dalam bentuk program. Penerapan program juga dilakukan untuk mengetahui hasil dari program. Pengkajian algoritma pemrograman dinamik untuk masalah multistage yaitu berupa penerapan manual analisis kinerja yang berupa analisis waktu yang diperlukan algoritma untuk melakukan eksekusi (running time) dan perhitungan menggunakan program yang didesain menggunakan algoritma tersebut. Berdasar analisis algoritma yang sudah dilakukan Algoritma pemrograman dinamik menunjukkan solusi yang optimal beserta semua alternatif solusi dari masalah multistage. Sedangkan algoritma A (sebagai pembanding) memberikan solusi optimal tanpa alternatif solusi. Pada analisis running time algoritma pemrograman dinamik relatif besar yaitu O( 12310 (n-2) 12311 (n-2) ). Berbeda dengan algoritma A yang memiliki waktu running O(n2) Algoritma pemrograman dinamis tidak memberikan waktu running lebih baik namun memberikan kelebihan dalam bentuk alternatif solusi. Sedangkan algoritma A memberika solusi tunggal dengan waktu tercepat. Secara umum algoritma pemrograman dinamis lebih baik dari A dalam hal menyelesaikan masalah multistage yang memiliki alternatif solusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17190

Actions (login required)

View Item View Item