Implementasi grafik pengendali individual berbasis distribusi loglogistik (3P0 dalam pengendalian kualitas berat batang rokok (studi kasus di PR. Trubus Alami Tulungagung) / Wida Rekno Agustian

Agustian, Wida Rekno (2013) Implementasi grafik pengendali individual berbasis distribusi loglogistik (3P0 dalam pengendalian kualitas berat batang rokok (studi kasus di PR. Trubus Alami Tulungagung) / Wida Rekno Agustian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustian, Wida Rekno. 2013. Implementasi Grafik Pengendali Individual Berbasis Distribusi Loglogistik (3P) dalam Pengendalian Kualitas Berat Batang Rokok (Studi Kasus di PR. Trubus Alami Tulungagung). Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ir. Hendro Permadi, M.Si (II) Dr. I Nengah Parta, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : kualitas berat batang rokok, distribusi loglogistik (3P), grafik pengendali individual. Faktor utama yang menentukan kinerja suatu perusahaan adalah kualitas barang dan jasa yang dihasilkan. Hal ini disebabkan, kualitas menjadi faktor dasar keputusan konsumen dalam menggunakan produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu perusahaan memerlukan suatu teknik perbaikan kualitas untuk mengetahui kualitas barang dan jasa yang dihasilkan. Pada penelitian ini menggunakan data berat batang rokok sebagai variabel yang akan digunakan dalam pengendalian kualitas rokok yang dihasilkan oleh PR.Trubus Alami Tulungagung. Metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas berat batang rokok adalah grafik pengendali individual berbasis distribusi Loglogistik (3P). Hasil pendugaan parameter distribusi Loglogistik (3P) dengan menggunakan alat bantu software minitab 16 dan untuk menentukan persamaan rata-rata dan variansi distribusi Loglogistik (3P) dengan menggunakan nilai harapan/ekspektasi matematis dari X ditulis sebagai [E(X^k)] dan menggunakan metode simulasi bootstrap. Dengan software minitab 16 diperoleh nilai-nilai parameter dari distribusi Loglogistik (3P), yaitu lokasi (?Á) sebesar -1,55303, nilai parameter skala (σ) sebesar 0,0553865 dan parameter threshold (α) sebesar 1,57488. Dengan menggunakan percentil grafik pengendali individual berbasis distribusi Loglogistik (3P) diperoleh nilai UCL = 1,85, CL = 1,78, LCL = 1,72. Grafik tersebut menunjukkan bahwa berat batang rokok produksi Pabrik Rokok Trubus Alami Tulungagung belum terkendali secara statistik (out of statistical control).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item