Implementasi analisis regresi faktor dalam menentukan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Ermi Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi analisis regresi faktor dalam menentukan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Ermi Andayani

Andayani, Ermi (2013) Implementasi analisis regresi faktor dalam menentukan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang / Ermi Andayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci motivasi belajar hasil belajar analisis regresi faktor Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri individu untuk melakukan suatu kegiatan belajar demi memperoleh ilmu pengetahuan. Motivasi belajar dapat diukur berdasarkan aspek motivasi belajar meliputi minat ketekunan kemandirian dan kompetisi. Analisis statistik untuk menggambarkan hal di atas adalah analisis regresi faktor. Analisis regresi faktor merupakan suatu analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika. Regresi faktor merupakan kombinasi antara teknik analisis regresi dengan teknik analisis faktor. Teknik ini digunakan untuk mengatasi masalah multikolinearitas yang terjadi karena antar variabel bebas. Dalam skripsi ini dideskripsikan langkah-langkah penerapan analisis regresi komponen utama yaitu (1) Uji KMO dan Barlett s Test of Sphericity (2) memfaktorkan variabel yang lulus uji KMO dan Barlett s Test of Sphericity (3) melakukan rotasi faktor dengan metode equimax (4) menentukan skor faktor (5) menentukan jumlah faktor yang digunakan dalam model dengan pendekatan varian yaitu nilai komulatif persentase keragaman harus 8805 75% (6) meregresikan faktor terpilih dengan variabel Y (7) uji asumsi regresi (kebebasan sisaan homogenitas sisaan normalitas residual) (8) Uji parameter regresi dengan Uji F dan Uji T. Hasil dari penelitian ini adalah (1) besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika sebesar 29% (2) model matematika yang menggambarkan hubungan antara aspek motivasi belajar yang berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Malang yaitu Y 81 3 1.01505 X1 0 90189 X2 0 77126 X3 0 36371 X4

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17173

Actions (login required)

View Item View Item