Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Riski Nur Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Riski Nur Hidayati

Hidayati, Riski Nur (2013) Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Riski Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayati R.N. 2013. Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M. A (II) Lathiful Anwar S.Si M.Sc. Kata Kunci Komik Matematika Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok Dalam pembelajaran Matematika siswa cenderung pasif dan kurang antusias. Salah satu faktor penyebabnya karena ketiadaan media pembelajaran yang mendukung untuk membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Selama ini media pembelajaran didominasi oleh kumpulan rumus Matematika. Padahal media pembelajaran lain seperti komik dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menjelaskan konsep-konsep yang abstrak dan memerlukan objek yang konkrit pada pelajaran Matematika. Jika dijadikan suatu media pembelajaran kepopuleran komik dapat menjadi alat untuk menarik perhatian siswa. Hal tersebut melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa komik Matematika. Pemilihan materi luas permukaan dan volume kubus dan balok didasarkan pada hasil wawancara informal kepada siswa kelas VIII SMP. Oleh karena itu penulis mengambil judul skripsi Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas VIII SMP . Prosedur pengembangan dari media pembelajaran komik Matematika berdasarkan pada model ADDIE adalah sebagai berikut. (1) Analysis dilakukan dengan mewawancarai beberapa siswa. (2) Design dimulai dari penyusunan petunjuk pemanfaatan komik penentuan ide cerita komik penyusunan karakter tokoh pembuatan sinopsis cerita dan penyusunan skenario cerita (story board). (3) Develop produksi secara keseluruhan terdiri dari sampul indikator pencapaian hasil petunjuk pemanfaatan komik daftar isi isi komik dan lembar jawaban. (4) Implementation penerapan atau uji coba komik pada kondisi yang sebenarnya yaitu di kelas. (5) Evaluation pengolahan data hasil uji coba untuk mengukur ketercapaian tujuan pengembangan produk. Komik matematika ini menyajikan empat alur cerita (Ulang Tahun Anggie Matematika itu Asyik Berenang Bersama dan Membantu Ayah) yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi tentang cerita yang memuat materi luas permukaan dan volume kubus dan balok terdapat pada alur cerita pertama. Bagian kedua beirisi permasalahan yang terkait materi terdapat pada alur cerita selanjutnya. Hasil pengembangangan komik Matematika dikemas dan dijilid dalam bentuk buku. Hasil validasi produk pengembangan diperoleh presentase 87 5% sedangkan hasil uji coba komik diperoleh presentase 90 97% dan dinyatakan baik dari segi kualitas komik maupun peran komik sebagai media pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil akhir pengembangan penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut. (1) Saran pemanfaatan komik Matematika dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik sekaligus dapat meningkatkan keaktifan siswa. (2) Saran diseminasi komik Matematika dapat dimanfaatkan oleh siswa dari berbagai kelas atau sekolah. (3) Saran pengembangan produk lebih lanjut pengembangan komik Matematika pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17171

Actions (login required)

View Item View Item