Penggunaan media cincin katup untuk meningkatkan hasil belajar pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di MTs Al Fatah Sawahan / Eka Rendi S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media cincin katup untuk meningkatkan hasil belajar pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di MTs Al Fatah Sawahan / Eka Rendi S.

Setiawan, Eka Rendi (2013) Penggunaan media cincin katup untuk meningkatkan hasil belajar pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di MTs Al Fatah Sawahan / Eka Rendi S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh peneliti di lapangan masih banyak siswa yang hasil belajarnya di bawah standar kompetensi minimal. Khususnya di MTS Al Fatah Sawahan secara umum berdasarkan tes awal untuk operasi bilangan bulat 75% dari 18 siswa kelas VII A masih di bawah Standar Kompetensi Minimal (SKM). Oleh karena itu peneliti ingin mencoba menerapkan alat peraga cincin katup untuk membantu meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui langkah-langkah pebelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media cincin katup yang dapat meningkatkan hasil belajar di MTS Alfatah Sawahan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I sebanyak 2 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas VII A MTS Al Fatah Sawahan. Objek penelitian ini adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif dengan menggunakan media cincin katup. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi soal LKS siklus I dan siklus II. Berdasarkan pelaksanaan siklus I dan siklus II peningkatan nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu dari 64 16% menjadi 88 8%. 12288 12288 12288 12288 Kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa pada siklus I dalam menggunakan media cincin katup yaitu pada saat mengoperasikan penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat negatif. Pada siklus I tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu memperkenalkan media cincin katup untuk mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Guru hanya menerangkan kepada siswa secara umum. 12288 12288 12288 12288 Sedangkan perbaikan untuk siklus II guru menerapkan pengajaran secara berkelompok. Setelah siswa terbagi dalam kelompoknya masing-masing guru memberi satu soal mengenai pengoperasian penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Selanjutnya guru keliling dan memberi bimbingan kepada setiap kelompok. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu tindakan dengan penjelasan langkah-langkah seperti pada siklus II dengan membentuk siswa berkelompok dan memberikan bimbingan pada setiap kelompok ternyata siswa lebih mudah memahami bagaimana cara menggunakan media cincin katup. Sehingga hasil pembelajaran siswa dapat meningkat yaitu dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan nilai rata-rata 64 16. Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 16 siswa dengan nilai rata-rata 86 25. Kata Kunci hasil belajar media cincin katup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item