Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Rohmi Julia Purbasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Rohmi Julia Purbasari

Purbasari, Rohmi Julia (2013) Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Rohmi Julia Purbasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci aplikasi android media pembelajaran dimensi tiga Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis saat melaksanakan kegiatan PPL diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dimensi tiga karena sulit membayangkan kedudukan objek-objek geometri pada ruang dimensi tiga. Sementara berdasarkan enam puluh angket yang disebar penulis diperoleh lima puluh tujuh diantaranya menyatakan memiliki komputer atau laptop keseluruhannya memiliki telepon seluler serta dua puluh dua diantaranya memiliki smartphone. Namun perangkat mobile ini hanya digunakan untuk SMS telepon chatting internet dan hiburan-hiburan seperti musik dan permainan. Salah satu jenis perangkat mobile yang berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir adalah perangkat yang berbasis Android. Media pembelajaran berupa aplikasi Android dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran materi dimensi tiga agar mudah dipahami dan menarik minat siswa serta dapat diakses siswa kapan pun dan di mana pun. Sehingga tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey(1978). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analysis (analisis) design (desain) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi media pembelajaran dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu validasi kepada ahli media dan ahli materi. Tahap kedua yaitu validasi kepada praktisi lapangan dan sasaran pengguna yang melibatkan seorang guru matematika SMAN 8 Malang dan dua belas siswa kelas X SMAN 8 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang bersifat tertutup dan saran. Sementara teknik analisis data menggunakan teknik analisis data presentase. Hasil pengembangan ini adalah aplikasi Android yang memuat materi dimensi tiga yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD). Selain dapat dioperasikan pada perangkat Android aplikasi ini juga dapat dioperasikan pada komputer atau laptop yang berbasis Windows. Aplikasi yang dikembangkan memuat enam menu utama yaitu kompetensi prasyarat materi evaluasi glosarium dan tentang aplikasi. Hasil uji kelayakan diperoleh 96 43% untuk ahli media 89 28% untuk ahli materi 81 52% untuk praktisi lapangan dan 83 49% untuk sasaran pengguna. Oleh karena itu aplikasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17169

Actions (login required)

View Item View Item