Perancangan dan pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi fungsi komposisi untuk siswa SMA kelas XI program IPS / Fajar Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan dan pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi fungsi komposisi untuk siswa SMA kelas XI program IPS / Fajar Prabowo

Prabowo, Fajar (2013) Perancangan dan pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi fungsi komposisi untuk siswa SMA kelas XI program IPS / Fajar Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci MediaPembelajaran MediaPembelajaranBerbantuanKomputer FungsiKomposisi Berdasarkanpengalaman yang diperolehpadasaatmelaksanakanPraktikPengalamanLapangan (PPL) di SMA Negeri 7 Malang sebagianbesarsiswamengalamikesulitandalammempelajarimaterifungsikomposisi terutamasiswa program IPS. Sebagianbesarsiswakesulitandalammendefinisikanfungsidanfungsikomposisi.Selainitusebagianbesarsiswajugakurangtermotivasiuntukmempelajarimaterifungsikomposisikarenakurangnyapengetahuantentangkegunaandancontohfungsikomposisidalamkehidupansehari-hari. Hal tersebutdapatdiketahuidarinilaiujiansiswapadamaterifungsikomposisi yang sebagianbesar di bawah KKM.Berdasarkanwawancaradenganbeberapasiswakelas XI program IPS di SMA Negeri 7 Malang guru dinilaikurangtanggapdenganpermasalahansiswa. Guru terlalubanyakmemberikanmaterisecarakonvensional. Siswamerasa guru terlalubanyakmemberikantugasdanlatihansoal haltersebutmembuatsiswamerasajenuh.Media pembelajaran adalah perantara yang berupa sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional yang dapat dimanfaatkan siswa untuk menunjang kegiatan belajar.Penyampaianmaterifungsikomposisipada media pembelajaraninidibuat agar siswa merasa senang dan tidak bosan dalam proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaranberbantuan computer inimerujukpadaprosedurpengembangan media yang dilakukanolehKariadinatayaitumeliputi (1) tahapconcept ( konsep) (2) tahapanlysis(analisis) (3) tahapdesign(desain) (4) tahap material collecting(pengumpulan bahan) (5) tahapassembly(pembuatan) (6) tahapevalution(evaluasi) (7) tahaptesting(uji coba) dan (8) tahapdistribution (distribusi). Media pembelajaraninitelahmelaluitahapvalidasioleh 3 validatoryaitusatu orang dosenmatematikaUniversitasNegeri Malangsebagaiahlimaterisekaligusahli media satu orang guru matematika SMA Negeri 7 Malangsebagaiahlimateri satu orang staf IT UniversitasBrawijayasebagaiahli mediadandiujicobakankepadasiswakelas XI IPS 4 SMA Negri 7 Malang. HasilValidasiolehahlimaterimenunjukkanpresentasekeseluruhansebesar 82 38% dandinyatakan valid. Hasilvalidasiolehahli mediadengantingkatpresentase81 57% dandinyatakan valid. Sedangkanhasilujicobamenunjukkantingkatpresentasesebesar 78 99% dandinyatakan valid. Saran untukpengembanganselanjutnyadiharapkanmengembangkan media pembelajaran komputer untuk materi lain dilengkapi suara narator sehingga lebih interaktif pengembangan lebih lanjut pada materi fungsi komposisi seperti penelitian eksperimen menghitung durasi waktu untuk masing-masing sub menu serta durasi waktu keseluruhan sehingga pengguna dapat memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan maksimal. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item