Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita tentang persamaan garis lurus pada siswa kelas viii SMP menggunakaan metode newman / Syindy Hanif Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita tentang persamaan garis lurus pada siswa kelas viii SMP menggunakaan metode newman / Syindy Hanif Sulistyowati

Sulistyowati, Syindy Hanif (2012) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita tentang persamaan garis lurus pada siswa kelas viii SMP menggunakaan metode newman / Syindy Hanif Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis kesalahan Newman soal cerita persamaan garis lurus. Persamaan garis lurus merupakan salah satu materi yang dianggap sulit di SMP Negeri 2 Lawang. Sebagian besar siswa tidak mencapai ketuntasan minim-um dalam tes pada materi tersebut. Kesulitan siswa tidak hanya berkisar pada materi namun juga pada jenis soal yaitu soal cerita. Sebagian besar siswa tidak mampu menjawab soal cerita dalam tes dengan benar. Karena masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui letak kesalahan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaiakan soal cerita. Kesalahan siswa dideskripsikan mengguna-kan metode analisis kesalahan Newman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada siswa yang mencapai SKM yaitu skor 75 dalam tes. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam me-nyelesaikan soal sesuai metode Newman yaitu kesalahan comprehension strategy know-how transformation process skill dan solution. Kesalahan comprehension yang dilakukan siswa antara lain (1) tidak menuliskan apa yang diketahui mau-pun yang ditanyakan dengan lengkap (2) salah menuliskan yang ditanyakan. Kesalahan strategy know-how yang dilakukan siswa antara lain (1) tidak tahu strategi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah (2) tidak menggunakan konsep persamaan garis lurus dalam meyelesaikan masalah (3) salah memilih operasi untuk menentukan solusi (4) memaksakan strategi yang mustahil. Kesalahan transformation yang dilakukan siswa yaitu (1) salah mentransformasi-kan informasi dari grafik ke persamaan (2) tidak lengkap dalam mentransformasi-kan masalah ke kalimat matematika (3) tidak mampu mentransformasikan masalah ke kalimat matematika. Kesalahan process skill yang dilakukan siswa yaitu (1) tidak menuliskan proses untuk menemukan solusi (2) menuliskan proses yang mustahil (3) melakukan kesalahan proses dalam menemukan solusi. Kesalahan solution yang dilakukan siswa antara lain (1) menuliskan solusi yang mustahil (2) menuliskan solusi yang tidak tepat (3) tidak menuliskan solusi soal (4) menuliskan solusi soal tanpa alasan yang mendukung solusi tersebut (5) menuliskan solusi dengan alasan yang mustahil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17158

Actions (login required)

View Item View Item