Aplikasi multidimensional scaling dalam penentuan pemetaan persepsi berdasarkan preferensi mahasiswa terhadap merek operator seluler (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang) / Rachmadania Akbarita

Akbarita, Rachmadania (2012) Aplikasi multidimensional scaling dalam penentuan pemetaan persepsi berdasarkan preferensi mahasiswa terhadap merek operator seluler (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang) / Rachmadania Akbarita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: persepsi,preferensi, produk operator seluler, analisis Multidimensional Scaling (MDS) Semakin berkembang pesatnya bisnis ponsel, berakibat langsung kepada perkembangan bisnis operator seluler. Salah satu jenis simcard yang sedang berkembang pesat adalah jenis GSM (Global System for Mobile Communication). Jika semakin banyak perusahaan yang menyediakan simcard jenis GSM, maka semakin ketat persaingan di antara perusahaan-perusahaan tersebut. Sehingga diperlukan pemetaan persaingan antar perusahaan berdasarkan persepsi para konsumen. Metode Multidimensional Scaling (MDS) sangat tepat digunakan untuk mengetahui pemetaan persaingan antar merek berdasarkan persepsi mahasiswa khususnya mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Multidimensional Scaling (MDS) adalah suatu metode yang dipergunakan untuk mengukur objek-objek dalam ruang multidimensi didasarkan pada penilaian responden mengenai kemiripan objek-objek tersebut. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: (1) menentukan jumlah dimensi; (2) mencari koordinat setiap marek dan atribut; (3) menghitung jarak Euclid masing-masing atribut; (4) melakukan uji kecocokan model berdasarkan nilai R2 dan nilai STRESS. Kesimpulan yang diperoleh untuk masing-masing produk operator seluler adalah: AS mempunyai keunggulan dalam jangkauan yang luas, dan IM3 mempunyai keunggulan dalam pencitraan produk di mata konsumen. Karena mengambil daerah pemasaran konsumen yang sudah bekerja, maka Mentari tidak mempunyai keunggulan menurut mahasiswa yang menjadi responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17156

Actions (login required)

View Item View Item