Pembuatan program arisan sepeda motor sistem gugur untuk Koperasi Serba Usaha (KSU) / Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan program arisan sepeda motor sistem gugur untuk Koperasi Serba Usaha (KSU) / Istiqomah

Istiqomah (2012) Pembuatan program arisan sepeda motor sistem gugur untuk Koperasi Serba Usaha (KSU) / Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci arisan sistem gugur koperasi serba usaha Borland Delphi diagram E-R Arisan motor sistem gugur yaitu kegiatan menghimpun dana dari setiap peserta di mana setiap peserta membayarkan iuran selama jangka waktu tertentu. Jika peserta arisan mendapatkan undian sepeda motor maka berhentilah kewajiban untuk membayar iuran berikutnya. Bagi anggota yang belum mendapatkan undian sampai akhir periode maka di satu bulan setelah periode arisan berakhir peserta akan dibagi menjadi empat yaitu 1) peserta gagal dan uang tidak kembali 2) peserta gagal dan uang kembali 3) peserta tidak dapat motor dan uang kembali dan 4) peserta yang mendapatkan motor. Salah satu penyelenggara arisan sepeda motor sistem gugur adalah koperasi serba usaha karena mempuyai unit usaha simpan pinjam dan unit usaha warung serba ada sehingga uang sisa dari undian tiap bulannya dapat dikembangkan. Didukung dengan kemajuan teknologi komputer maka diperlukan program komputer untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan arisan. Teknik pembuatan program meliputi 1) studi literatur 2) perencanaan dasar 3) perancangan program dengan membuat diagram E-R dan DFD serta membagi program menjadi tiga bagian yaitu tahap perencanaan pelaksanaan dan laporan akhir 4) pengujian hasil program. Perangkat lunak (software) yang digunakan dalam pembuatan program antara lain sistem operasi Windows XP Borland Delphi 7 dan Microsoft Access. Dari pembahasan ini menghasilkan program untuk memudahkan penyelenggara dalam perencanaan dan pengelolaan data arisan sepeda motor sistem gugur. Program ini terdari dari tujuh halaman yaitu perencanaan kegiatan data peserta data iuran data pemenang data peserta belum menang laporan akhir dan ketentuan pokok. Program tersebut telah divalidasi kepada user dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi ke-1 diperoleh prosentase 60% atau program cukup sesuai. Karena dari validasi program belum valid maka dilakukan perbaikan program. Setelah itu dilakukan validasi lagi kepada user dan ahli media dan diperoleh rata-rata prosentase sebesar 81 7% atau dengan kata lain valid sehingga program sudah dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item