Sistem pendukung keputusan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan penerima beasiswa / Mega Ervannanda Putri

Putri, Mega Ervannanda (2012) Sistem pendukung keputusan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan penerima beasiswa / Mega Ervannanda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Metode AHP, Seleksi Beasiswa, Borland Delphi Beasiswa bertujuan untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan mahasiswa. Perguruan Tinggi merupakan salah satu lembaga yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa setiap semester. Sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk memperoleh beasiswa, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima beasiswa. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan salah satu metode di dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang mana bisa digunakan untuk membantu menyusun suatu prioritas dari berbagai pilihan dengan menggunakan berbagai kriteria. Karena sifatnya yang multikriteria, AHP cukup banyak digunakan dalam penyusunan prioritas antara lain untuk penentuan penerima beasiswa. Di penelitian ini, alternatif terbaik dipilih dari kandidat berdasarkan IPK, gaji orang tua, tanggungan orang tua, usia, jumlah saudara kandung, dan semester. Penelitian dilakukan dengan menjumlahkan nilai dari masing-masing kriteria dan hasilnya diurutkan untuk memilih kandidat yang memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa. Permasalahan ini dapat juga diselesaikan dengan membuat suatu aplikasi dengan memanfaatkan Borland Delphi. Pembuatan software ini dimulai dari studi literatur, perencanaan dasar, perancangan dasar, dan hasil program. Dalam pembuatan program tersebut, dibuat suatu diagram alir (flowchart) dan DFD (Data Flow Diagram) untuk mempermudah dalam pembuatan program. Program tersebut telah diuji coba menggunakan komputer dengan spesifikasi prosessor Intel Core2 duo, prosessor 2,17 GHz, memory 2 GB, dan hard disk 250 GB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item