Studi empiris perbandingan kinerja lima algoritma klastering saat digunakan dalam klasifikasi / Yunia Milatina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi empiris perbandingan kinerja lima algoritma klastering saat digunakan dalam klasifikasi / Yunia Milatina Putri

Putri, Yunia Milatina Putri (2021) Studi empiris perbandingan kinerja lima algoritma klastering saat digunakan dalam klasifikasi / Yunia Milatina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketersediaan data yang melimpah akibat perkembangan teknologi informasi mendorong kebutuhan untuk menganalisis data menjadi informasi yang bermanfaat sehingga melahirkan data mining. Salah satu teknik yang umum digunakan dalam data mining adalah klastering. Teknik klastering dapat diimplementasikan dalam melakukan klasifikasi data dengan membandingkan hasil klaster yang diperoleh dengan klasifikasi awal pada dataset yang digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja klasifikasi dari lima algoritma klastering K-Means K-Medoids Density-Based Spatial Clustering of Applications with Noise (DBSCAN) Expectation Maximization (EM) dan Support Vector Clustering (SVC) serta mengetahui secara empiris hubungan perbandingan evaluasi kinerja algoritma. Hasil yang diperoleh melalui perhitungan akurasi presisi recall f-measure dan AUC menunjukkan kelima algoritma memiliki performa yang cukup optimal dalam klasifikasi. Berdasarkan mean hasil evaluasi diperoleh algoritma SVC memiliki nilai akurasi dan presisi tertinggi sebesar 0 820184 dan 0 814771 sedangkan algoritma DBSCAN memiliki nilai recall f-measure dan AUC tertinggi sebesar 0 746065733 0 75781437 dan 0 727884. Selain itu hasil studi empiris menggunakan Uji-T Berpasangan menunjukkan hubungan perbandingan evaluasi kinerja pada penggunaan input dataset normalisasi dan tidak normalisasi adalah signifikan serta disimpulkan hubungan perbandingan evaluasi kinerja antar algoritma yang digunakan dalam penelitian tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/171463

Actions (login required)

View Item View Item