Nurnahdziya, Riza (2012) Penerapan analisis kelompok dan analisis diskriminan untuk menggolongkan Kelurahan di Kecamatan Sukun Berdasarkan dominasi indikator kemiskinan / Riza Nurnahdziya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci problem posing NHT berpikir kreatif. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di MTS Al- Ma arif 01 Singosari diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa hanya mengerjakan soal-soal yang telah dicontohkan oleh guru jarang sekali terlihat siswa mengerjakan soal dengan caranya sendiri ataupun jarang sekali terlihat siswa mengerjakan soal-soal di LKS pada nomor-nomor terakhir. Selain itu diperoleh data hasil pretes bahwa kreativitas siswa pada materi sebelumnya tergolong rendah karena hanya 41 86 % dari 45 siswa yang menempati kategori minimal cukup kreatif. Untuk itu perlu diterapkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah pembelajaran pembelajaran problem posing dengan NHT. Pada pembelajaran ini siswa dibagi ke dalam kelompok kecil secara heterogen dengan pemberian nomor pada masing-masing angotanya kemudian guru membagikan lembar kerja siswa untuk didiskusikan secara kelompok guru memanggil nomor siswa untuk menunjukkan hasil kerjanya di depan kelas setelah itu guru memberi lembar informasi kepada siswa untuk menyusun soal sekaligus menyelesaikannya kemudian soal yang telah dibuat oleh masingmasing kelompok ditukarkan dengan kelompok lainnya untuk diselesaikan kemudian siswa menunjukkan hasil kerjanya di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2012. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII F MTS Al-Ma arif 01 Singosari yang berjumlah 45 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing dengan NHT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII F. Persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I adalah 60 % berada minimal pada tingkat cukup kreatif dan meningkat pada siklus II menjadi 80 % berada minimal pada tingkat cukup kreatif. Karena lebih dari 75% siswa berada pada kategori minimal cukup kreatif sehingga siswa kelas VII F dapat dikatakan kemampuan berpikir kreatif meningkat secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17146 |
Actions (login required)
View Item |