Pengembangan media pembelajaran interaktif materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP / Maulida Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP / Maulida Nurhidayati

Nurhidayati, Maulida (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP / Maulida Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran interaktif garis singgung lingkaran. Pada observasi pendahuluan di SMP Negeri 1 Kandangan diketahui bahwa selama ini proses pembelajaran materi garis singgung lingkaran masih menggunakan metode konvensional dimana guru menjadi sumber utama dalam proses belajar mengajar. Pembahasan materi terpaku pada LKS yang kurang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif guru akan dimudahkan dalam upaya memahamkan siswa. Siswa dapat membangun sendiri persepsinya tentang materi garis singgung lingkaran dari permasalahan yang ada tanpa takut atau malu bertanya. Selain itu media dapat membuat siswa melakukan aktivitas interaktif yang menyenangkan dan menantang siswa serta membebaskan tumbuhnya kreativitas siswa. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif materi garis singgung lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Tahapan pengembangan media ini terdiri dari 8 tahap yaitu konsep analisis desain pengumpulan bahan pembuatan evaluasi uji coba dan revisi. Pada tahap evaluasi dipilih tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media. sedangkan pada tahap uji coba dipilih 8 siswa untuk melakukan uji coba terhadap media yang dihasilkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase 87 3% untuk ahli materi 87 96% untuk ahli media dan 85 5% untuk data hasil penilaian siswa.Oleh karena itu media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dikatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan untuk pembelajaran. Adapun kelebihan dari media pembelajaran interaktif ini sebagai berikut 1) dikemas dalam bentuk CD dan bersifat autorun 2) tidak membutuhkan proses instalasi 3) memuat petunjuk yang memudahkan pengguna 4) media bersifat interaktif 5) dapat digunakan secara mandiri 6) penyajian soal tes bersifat acak. Sedangkan kelemahannya adalah 1) belum memuat soal kontekstual 2) belum tersedia simulasi melukis garis singgung pada titik tertentu. Untuk pengembangan berikutnya diharapkan dapat dikembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat mengkonstruksi pemahaman siswa. Diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17143

Actions (login required)

View Item View Item