Pemodelan matematika untuk menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan (studi kasus Jalan KH. Wahid Hasyim, Jombang) / Desiana Tri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan matematika untuk menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan (studi kasus Jalan KH. Wahid Hasyim, Jombang) / Desiana Tri Lestari

Lestari, Desiana Tri (2012) Pemodelan matematika untuk menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan (studi kasus Jalan KH. Wahid Hasyim, Jombang) / Desiana Tri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemodelan matematika kemacetan dan siklus nyala lampu Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas adalah persimpangan jalan. Setiap persimpangan jalan diberi lampu lalu lintas untuk mengatur kendaraan yang melewati persimpangan jalan tersebut. Adanya lampu lalu lintas bertujuan agar kendaraan dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan lampu indikator yang memberikan tanda kapan harus berhenti dan kapan harus berjalan. Biasanya lampu lalu lintas diletakkan pada pertigaan dan persimpangan jalan. Selama ini pengaturan nyala lampu lalu lintas dibuat tetap dan tidak bisa beradaptasi dengan kepadatan lalu lintas. Studi kasus yang dikembangkan adalah pemodelan banyaknya kendaraan yang masuk ke dalam sistem tunggu dan banyaknya kendaraan yang keluar dari sistem layanan lampu lalu lintas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah memodelkan dalam bentuk pemodelan matematika dan mencari waktu minimum dalam menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu minimum dalam menentukan siklus nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan metode observasi dengan obyek observasi adalah persimpangan Jalan KH. Wahid Hasyim. Analisis yang digunakan untuk mencari waktu minimum pada saat lampu hijau menyala 61480 61481 nvlwG.m 61483 61501 in Hasil perhitungan nyala lampu lalu lintas yang diperoleh dari persimpangan Jalan KH. Wahid Hasyim yaitu nyala lampu hijau pada masingmasing jalan. Akhir dari pemodelan matematika yang diperoleh dapat diketahui antrian maksimal yang berada pada persimpangan Jalan KH.Wahid Hasyim pada sistem tunggu (antrian). Dengan demikian diperoleh siklus waktu minimum untuk Jalan KH. Wahid Hasyim adalah 24 046 detik Jalan KH. Hasyim Asyari adalah 24 367 detik Jalan Gatot Subroto 23 773 detik dan Jalan Basuki Rahmad adalah 23 773 detik. Model yang digunakan semoga bermanfaat untuk menentukan siklus minimum nyala lampu lalu lintas pada persimpangan jalan agar tidak terjadi penundaan atau kemacetan pada sistem tunggu. Selain itu pihak yang terkait lebih meningkatkan kinerjanya dalam penertiban para pengendara pada saat melintasi persimpangan jalan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item