Penyelesaian masalah transportasi pada perusahaan jasa travel Enggal Pacitan / Israwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelesaian masalah transportasi pada perusahaan jasa travel Enggal Pacitan / Israwati

Israwati (2012) Penyelesaian masalah transportasi pada perusahaan jasa travel Enggal Pacitan / Israwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Program Linier Teori Dualitas Metode Transportasi SBL Salah satu ilmu pengetahuan yang dapat digunakan memecahkan suatu masalah adalah matematika. Salah satu cabang matematika yang berhubungan dengan masalah pengoptimalan adalah program linier (Linier Programming). Program linier memakai suatu model matematis untuk menggambarkan suatu masalah yang dihadapi. Salah satu masalah khusus dari program linier yang penting adalah masalah transportasi. Dalam penulisan ini dibahas mengenai penyelesaian masalah transportasi pada perusahaan jasa travel Enggal Pacitan yaitu menentukan penghasilan maksimum dengan biaya angkut minimum. Pada prinsipnya masalah transportasi membahas tentang penentuan ongkos angkut minimum dalam proses pendistribusian komoditi dari beberapa sumber menuju kebeberapa tujuan. Namun tidak selamanya masalah transportasi berpola minimum dapat juga berpola maksimum. Jika hal ini terjadi maka masalah transportasi maksimum dapat diubah menjadi masalah transportasi berpola minimum. Dalam menyelesaikan setiap masalah transportasi langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyeimbangkan jumlah penawaran dan permintaan sehingga menjadi masalah transportasi yang seimbang. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyusun solusi layak basis yang tidak merosot menggunakan SBL (Sudut Barat Laut) lalu menguji keoptimuman dengan teori dualitas. Dari tablo masalah transportasi berpola maksimum dapat ditentukan nilai fungsi tujuan secara langsung dengan menggunakan teori dualitas dalam hal ini nilainya sama dengan yang diperoleh dengan menggunakan metode transportasi. Masalah transportasi pada perusahaan jasa travel ini adalah masalah transportasi berpola maksimum yang tidak seimbang. Untuk menyelesaikan masalah tranportasi ini digunakan metode transportasi dan teori dualitas. Ternyata dengan menggunakan metode ini pendapatan total yang dapat diperoleh perusahaan jasa travel Enggal adalah Rp30.555.000 00 pada bulan Juli 2008 sedangkan pada bulan agustus 2008 adalah Rp42.895.000 00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17131

Actions (login required)

View Item View Item