Busana, Bangun Richad (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD berbasis log dan jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X TPM 1 SMKN 1 Blitar / Bangun Richad Busana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci log dan jurnal belajar STAD meningkatkan motivasi belajar Matematika. Rata-rata motivasi belajar Matematika siswa kelas X TPM 1 SMKN 1 Blitar rendah hal ini ditunjukkan dengan kurang bergairahnya kegiatan pembelajaran matematika siswa dikelas. Siswa terlihat tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran dan terlihat lelah karena terlalu banyaknya porsi jam pelajaran matematika di SMKN 1 Blitar. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang tidak terlalu baik maka dilakukan pembelajaran berbasis log dan jurnal belajar sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar matematika siswa Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TPM 1 SMKN 1 Blitar dengan tujuan mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis log dan jurnal belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di kelas tersebut. Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh dengan menggunakan angket pedoman observasi dan catatan lapangan. Data tersebut dianalisis kemudian dibahas dan pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran berbasis log dan jurnal belajar penelitian terlaksana dalam dua siklus dikarenakan dalam siklus pertama belum dicapai kriteria keberhasilan. Pada siklus dua peningkatan motivasi belajar siswa terlihat cukup signifikan. Kegiatan siklus dua menunjukkan Hasil observasi motivasi belajar dikelas juga menunjukkan adanya peningkatan motivasi yaitu pada pertemuan pertama rata-rata motivasi belajar siswa 92 43% sedangkan pada pertemuan ke dua 95 04%. Meningkatnya motivasi juga diiringi dengan peningkatan hasil belajar siswa. hasil belajar siswa pada siklus dua memiliki rata-rata 78 14 meningkat dari sebelum tindakan yang hanya 73 8 dan siklus 1 yang hanya 75 47 dengan 28 siswa (82 35%) siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Jumlah siswa yang nilainya minimal dua poin diatas KKM juga meningkat menjadi 29 siswa (85 29%). Beberapa hal yang perlu diperhatika dalam penerapan pembelajaran berbasis log dam jurnal belajar adalah manajemen waktu yang tepat dan kondisi kelas yang harus juga diperhatikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17128 |
Actions (login required)
View Item |