Aplikasi rantai Markov dan analisis korespondensi terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan handphone (studi kasus mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Yunis Sulistyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi rantai Markov dan analisis korespondensi terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan handphone (studi kasus mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Yunis Sulistyorini

Sulistyorini, Yunis (2012) Aplikasi rantai Markov dan analisis korespondensi terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan handphone (studi kasus mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang) / Yunis Sulistyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci rantai Markov analisis korespondensi pangsa pasar peta persepsi Bervariasinya merek handphone di pasar memungkinkan adanya perpindahan merek pada konsumen termasuk mahasiswa jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Perpindahan merek dapat digunakan untuk memprediksi pangsa pasar dari masing-masing merek. Selain itu bervariasinya merek handphone juga berpengaruh pada semakin ketatnya persaingan antar merek handphone. Prediksi pangsa pasar dengan menganalisis perpindahan merek dalam kurun waktu satu tahun ini dapat dilakukan dengan rantai Markov. Sedangkan untuk mengetahui gambaran persaingan antar merek handphone dapat digunakan analisis korespondensi. Tahap analisis dalam rantai Markov adalah perhitungan peluang transisi penyusunan matriks peluang transisi penghitungan distribusi peluang awal distribusi peluang setelah langkah dan distribusi seimbang. Sedangkan tahap analisis korespondensi adalah penyusunan tabel kontingensi penghitungan nilai chi-square penentuan banyaknya dimensi dan penggambaran analisis korespondensi. Dalam analisis korespondensi ini digunakan lima variabel yaitu harga fitur kualitas desain dan layanan. Pangsa pasar Nokia dan Sony Ericsson cenderung mengalami penurunan sedangkan Samsung dan Lainnya mengalami peningkatan dalam kurun waktu lima periode. Pada kondisi seimbang Nokia Samsung dan Lainnya mempunyai pangsa pasar yang hampir sama yaitu berturut-turut 28.4 % 28.0 % dan 28.5 % sedangkan Sony Ericsson 15%. Berdasarkan peta persepsi yang dihasilkan Nokia dan Samsung cenderung untuk saling bersaing karena dengan pangsa pasar yang hampir sama keduanya mempunyai banyak kesamaan terutama dalam hal harga kualitas dan keterjangkauan tempat service. Lainnya cenderung saling bersaing dengan Samsung dalam hal kelengkapan fitur. Sedangkan Sony Ericsson cenderung tidak bersaing dengan ketiga merek lain karena di samping hanya menguasai sebagian kecil pasar Sony Ericsson mempunyai keunggulan tersendiri dalam hal harga beli yang murah dan bonus yang menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item