Penggunaan kartu domino matematika berbasis cooperative learning untuk memahamkan siswa terhadap konsep pecahan pada siswa kelas IV di SD Negeri Pelem 1 Pare / Dharma Bagus Pratama Putra

Putra, Dharma Bagus Pratama (2012) Penggunaan kartu domino matematika berbasis cooperative learning untuk memahamkan siswa terhadap konsep pecahan pada siswa kelas IV di SD Negeri Pelem 1 Pare / Dharma Bagus Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : media kartu domino matematika, pemahaman siswa Berdasarkan data yang diperoleh di SD Negeri I Pelem, Pare Kediri, diketahui bahwa masih banyak siswa yang salah dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan. Menurut guru kelas IV, siswa cenderung mudah melupakan materi yang telah diajarkan. Hal ini dikarenakan siswa diajarkan untuk menghafalkan prosedur pengerjaan soal bukan pemahaman materi. Sehingga siswa lebih mudah lupa dan kesulitan jika model soal diubah. Untuk itu dilakukan penelitian bagaimana cara untuk membuat siswa paham terhadap materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Peneliti menggunakan media domino untuk membelajarkan konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kartu domino dipilih karena selain mudah digunakan, kartu domino mudah didapat dan tidak berbahaya sehingga cocok untuk media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan), interview (wawancara), catatan lapangan, studi dokumenter, dan tes, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan model NHT (Numbered Head Togather). Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri I Pelem yang berjumlah 34 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus mencangkup 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan kartu domino pada pembelajaran pecahan dapat mengurangi kesalahan konsep siswa, dari siklus I dengan persentase 31% dari jumlah siswa berkurang menjadi 7% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga meningkat, dari siklus I dengan nilai rata-rata kelas 64,1 dan 37% siswa tidak tuntas ke siklus II dengan nilai rata-rata kelas 84,2 dan 7% siswa yang tidak tuntas. Dari hasil penelitian ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran pecahan dengan media kartu domino sangat bermanfaat bagi siswa karena dengan media domino terbukti dapat memahamkan siswa terhadap konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan, sehingga bagi para guru dapat menggunakan media kartu domino sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item